Lehar Cs Siap Hadapi Banding YPBH


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:35:04 WIB

PADANG, HALUAN — Yayasan Pendi­dikan Bung Hatta (YPBH) masih men­unggu proses banding mereka diteruskan ke Pengadilan Tinggi (PT) Sumbar. Sebel­umnya, YPBH dinyatakan kalah dalam perkara perdata Nomor 4 Tahun 2016 atas sertifikat hak guna ba­ngunan (HGB) Nomor 863 28 Juli 2014, yang digugat dan dime­nangkan oleh Le­har Cs selaku Ma­mak Kepala Waris (MKW) Kaum Maboet.

Panitera Muda (Panmud) Perdata Pengadilan Negeri (PN) Padang, Alfian, kepada wartawan, Senin (1/8), mengatakan, berkas upaya banding yang diajukan YPBH memang belum diserahkan kepada PT karena masih berada dalam tahap in­zage (pemeriksaan).

“Berkasnya masih di PN dan masih diperiksa Kami perkirakan, berkas itu sudah selesai diperiksa dan diserahkan ke PT pekan depan,” kata Alfian.

Di kubu berseberangan, Riefa Nadra selaku Penasihat Hukum (PH) Le­har Cs mengaku siap atas upaya hukum yang ditempuh YPBH.  “Kami siap saja. Banding kan upaya hukum yang sah yang boleh ditempuh YPBH,” katanya singkat.

Pihak YPBH sendiri mengajukan ban­ding akhir Juni 2016 lalu, setelah dinyatakan kalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang yang saat itu diketuai oleh Hakim Reno Listowo dengan hakim anggota Estiono dan Sutedjo.

Dijelaskan sebelumnya, Lehar Cs (71) selaku MKW Kaum Maboet, Koto Tangah, Padang, menggugat YPBH atas sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) No.863 ter­tanggal 28 Juli 2004, Surat Ukur No.00638/2004, 31 Januari 2004, seluas 2.203 meter per segi, di kawasan Bypass, Kelurahan Aia Pacah. Atau yang saat ini menjadi lokasi berdirinya Kampus II Universitas Bung Hatta.

Majelis Hakim memutuskan bahwa HGB No.863 batal demi hukum, atau tidak mempunyai kekuatan hukum yang me­ngikat. Untuk itu, pihak YPBH diminta untuk menyerahkan tanah objek sengketa ter­sebut kepada Lehar Cs. (h/isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]