TIM LUAR NEGERI SUDAH DI PADANG

Penyambutan Tds Terasa Hambar


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:46:21 WIB
Penyambutan Tds Terasa Hambar Tak ada gegap bembira jelang pelaksanaan tds2016. Kurangnya sosialisasi diperkirakan akan berimbas pada jumlah penonton yang ada di sepanjang lintasan dan jalur.

PADANG, HALUAN — Per­helatan akbar Tour de Singkarak (tds) 2016, sudah di ambang mata. Sepanjang Minggu (31/7) hingga Senin (1/8) kemarin, sejumlah tim dari beberapa Negara, juga sudah tiba di Kota Padang. Namun, kemeriahan menyambut tds yang diren­canakan akan berlangsung pada 6-14 Agustus 2016 itu, terasa hambar dan adem ayem.

Dari informasi yang dite­rima Haluan, sejumlah tim luar negeri yang sudah tiba di Pa­dang itu di antaranya tim dari Negara Taiwan, Singapura, Fili­pina dan Kenya. “Kedatangan tim luar negeri itu memang lebih cepat dari jadwal sebe­lumnya, yang direncanakan 3 Agustus,” kata Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwi­sata RI, Raseno Arya kepada media di Padang kemarin.

Meski sebagian tim peserta dari luar negeri sudah tiba, namun Raseno mengaku sedih ketika mendapati animo pe­nyambutan tds terkesan biasa-biasa saja. Di sejumlah sudut strategis dan penting terang Raseno, dirinya bahkan sama sekali tidak mendapati media-media seperti spanduk, umbul-umbul maupun baliho yang ter­pasang secara signifikan.

“Saya juga bertanya-tanya, kenapa alek sebesar ini seperti tidak ada penyambutan istimewa. Padahal kita di kementerian su­dah menggelar launching tds 2016 semeriah dan sebesar-besar mungkin. Harusnya ini disikapi dengan melakukan promosi yang seimbang oleh semua komponen di Sumbar,” pungkas Raseno.

Sebagaimana diketahui, tds 2016 akan diikuti pebalab dari 30 negara yang terdiri dari 19 tim dari luar negeri dan 6 tim dari dalam negeri. Tim yang sudah dipastikan akan berlaga masing-masingnya Malaysia, Singapura, Laos, Taiwan, Jepang, Swis, Ko­rea, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Filipina, Hong Kong, dan Kenya. Sedangkan dari dalam negeri adalah tim nasional Indo­nesia, Prima Indonesia, BRCC Banyuwangi, SAKB Jawa Barat dan tim tuan rumah Sumbar sendiri.

Tds Harus Sukses

Sementara Kota Bukittinggi sebagai etape 8 tanggal 14 Agus­tus nanti, mulai mematangkan per­siapan. Wakil Walikota Bu­kittinggi Irwandi berharap agar tds benar-benar menjadi iven internasional yang memberikan multiplier effect terhadap Kota Bukittinggi. Se­hingga dapat men­dongkrak arus wisatawan sekaligus perekonomian mas­yarakat.

“Semua kita jajaran Pemko Bukittinggi dan stakeholder ter­kait, seyogyanya menyamakan persepsi untuk sukses sukses dan lancarnya tds,” kata Irwandi pada pertemuan di Balaikota, Senin (1/8).

Irwandi merujuk pernyataan Menteri Parwisata Arief Yahya, bahwa tds merupakan iven olah­raga balap di tanah air yang paling bagus penyelenggaraannya. Kare­na itulah, tiada kata selain ber­sungguh-sungguh menyiapkan segala sesuatunya secara baik.

Irwandi juga meminta Dinas Koperasi dan Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) men­cermati peluang untuk mempro­mosikan aneka produk IKM pada momen tds  itu nantinya. Demi­kian pula upaya publikasi untuk mengundang atensi masyarakat dan wisatawan, haruslah dilaku­kan selambat-lambatnya seming­gu sebelum pelaksanaan.

Kepala Disbudpar Bukit­tinggi, Melfi Abra menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan bebe­rapa agenda kegiatan penyam­butan peserta tds di kota itu, yakni city tour pada 13 Agutus. Kegiatan wisata dalam kota itu dimulai pukul 14.00 selama dua jam antara lain jumpa penggemar dan foto selfi dengan komunitas sepeda ontel di Taman Jam Gadang.

“Para pembalap juga akan dimanjakan dengan nuansa bu­daya bagaritiak tambua bersama anak kreatif di Bukittinggi,” tandasnya.

Uji Coba Jalur

Sementara dari Pasaman Barat dilaporkan, berbagai persiapan penyambutan alek tds 2016, juga terus dilakukan pemerintah dae­rah setempat. Pasbar yang tahun ini dilalui di etape 3 pada tanggal 8 Agustus, sedikitnya melibatkan 527 personil gabungan yang tersebar di 290 titik di sepanjag rute yang akan di lewati pebalap nantinya.

“Kita terus bekerja keras meng­optimalkan personil keamanan dan strilisasi jalur yang akan dilintasi para pebalap nantinya,” kata Wakil Bupati Pasbar Yulianto, Senin (1/8).

Kemarin katanya, tim gabu­ngan dari Polres Pasbar, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, juga telah melakukan simulasi dan uji coba pengamanan jalur yang akan dilalui. Seluruh personil keamanan, nantinya akan disiaga­kan di semua titik yang dianggap rawan. “Sejauh ini persiapan menyambut iven internasional tersebut sudah mendekati finis,” kata Yulianto.

Ia menambahkan, selain uji coba jalur dan simulasi pe­nga­manan, kesempatan simulasi itu juga sekaligus dipergunakan sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan iven tds. Kepada masyarakat, wabup mengajak untuk bersama-sama ikut menyukseskannya. (h/yan/ril/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:45:42 WIB

    Pemprov Mulai Sibuk Siapkan Penyambutan

    PRESIDEN BELUM DIPASTIKAN KE SUMBAR

    PADANG, HALUAN – Ke­da­ta­ngan Presiden Joko Widodo masih belum juga dapat dipastikan. Namun, Pemprov Sumbar sebagai tuan rumah terus melak.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]