Lestarikan Alam, Perkuat Pokmaswas


Selasa, 02 Agustus 2016 - 11:24:39 WIB
Lestarikan Alam, Perkuat Pokmaswas YOSKIWANDRI saat sosialisasi pemanfaatan sumberdaya kelautan di Langkisau Resort.

PAINAN, HALUAN — Un­tuk menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan di Pessel, pemerintah perkuat peran Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang ada di daerah itu. Pe­­man­faatan sumberdaya yang ti­dak taat aturan me­nye­bab­kan sumberdaya rusak sia-sia.

“Terumbu karang di Pe­sisir Selatan sangat meng­khawatirkan. Kini terjadi ke­ru­sakan sekitar 90 persen, ar­ti­n­ya kondisi terumbu karang perairan laut daerah tersebut hanya 10 persen saja yang masih baik,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Pe­ri­kanan Pessel Yoskiwandri Senin (1/8).

Menurutnya, perlu pe­na­nga­nan serius dari seluruh lapisan masyarakat terutama Pokmaswas serta pe­me­rin­tah. Disamping harus diles­tarikan dan di bangun te­rumbu karang baru, juga perlu dibuat payung hukum untuk men­jaga­nya. ”Te­rum­bu karang di perairan laut Pesisir Selatan sudah me­ngalami kerusakan yang cukup memprihatinkan. Hing­ga kini hanya 10 persen dalam kondisi baik (bagus), sementara kerusakan berat sudah mencapai 70 persen, 20 persen diantara luasnya mengalami rusak ringan,” katanya.

Selanjutnya ia me­nga­takan, agar tindakan pe­rusakan dapat ditekan perlu adanya sosialisasi peraturan dan payung hukum untuk melindungi sumberdaya laut. De­ngan tujuan agar eko­sistem dan terumbu karang yang merupakan tempat tinggal ikan bisa terjaga dari tangan segala hal perbuatan manusia yang bisa me­ru­saknya.

”Kerusakan terumbu karang ini tidak lain di­sebabkan banyak hal, per­tama terjadinya penggunaan bahan beracun dan peledak di perairan Pessel, kedua penggunaan pukat harimau dan kemudian juga dise­babkan tingginya endapan lumpur yang terbawa dari sungai,” katanya.

Menurutnya, masyarakat kurang menyadari bahwa hal itu dapat merusak ekosistem dasar laut. Hingga kini di­duga masih saja digunakan. Berbagai upaya mulai dari sosialisasi telah dilakukan dinas terkait. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:45:28 WIB

    Lestarikan Budaya melalui Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif

    Lestarikan Budaya melalui Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif HARIANHALUAN.COM - Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh Sembilan Kecamatan Kuranji mengadakan Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020 yang berlangsung mulai dengan hari ini sampai dengan bulan Oktober yang akan datang.
  • Ahad, 05 Mei 2019 - 14:23:12 WIB

    Limau Gadang Lestarikan Tradisi Balimau Paga

    Limau Gadang Lestarikan Tradisi Balimau Paga PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai Pessel salah satu nagari di Pessel yang tetap melestarikan tradisi Balimau Paga menjelang memasuki bulan suci Ramadan. Kegiatan ini melibatka.
  • Selasa, 14 Agustus 2018 - 14:28:24 WIB

    Lestarikan Adat dan Budaya, Ratusan Siswa di Dharmasraya Lomba Pidato Berbahasa Minang

    Lestarikan Adat dan Budaya, Ratusan Siswa di Dharmasraya Lomba Pidato Berbahasa Minang DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM-Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya bekerjasama dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) menggelar  lomba pidato Berbahasa Minang bagi siswa SMP se-Kabupaten Dharmasraya..
  • Selasa, 10 Juli 2018 - 14:53:25 WIB

    Lestarikan Budaya Gotong Royong, Lantamal II Padang Bedah Rumah Warga

    Lestarikan Budaya Gotong Royong, Lantamal II Padang Bedah Rumah Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dalam rangka Karya Bhakti TNI tahun 2018, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II adakan kegiatan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Pasie Kandang Rt. 03 Rw. 04 Kelurahan Pasir Nan Tigo kecamat.
  • Kamis, 28 Desember 2017 - 19:17:27 WIB

    Pertamina Lestarikan Mangrove di Kota Pariaman

    Pertamina Lestarikan Mangrove di Kota Pariaman PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sebagai usaha menjalankan komitmen pelestarian lingkungan hidup, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I (MOR I) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau, melalui program Corporat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]