Tiga Kelompok HKM di Pasaman Terima Bantuan UNDP


Selasa, 02 Agustus 2016 - 11:25:37 WIB
Tiga Kelompok HKM di Pasaman Terima Bantuan UNDP Bupati Yusuf Lubis didampingi Wabup Atos Pratama serahkan bantuan UNDP secara simbolis kepada tiga kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM), Senin kemarin. (YUDHI LUBIS)

PASAMAN, HALUAN — Pe­duli akan kelestarian hutan, sebanyak tiga kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM) ditiga kecamatan di Kabupaten Pa­saman, terima bantuan dari United Nations Development Program (UNDP).

Bantuan berupa uang tunai itu diserahkan langsung Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, usai apel ga­bungan ASN pemkab se­tempat, Senin (1/8). Kelompok tersebut terdiri dari, kelompok HKM Karya Setia, Nagari Sim­pang Tonang, Kecamatan Duo­koto, senilai Rp166,775 juta.

Selanjutnya, Kelompok HKM Son­tra di Padanggelugur, sebanyak Rp166,530 juta, dan terakhir kelompok HKM Per­temuan Saiyo di Muaro Seilolo, senilai Rp196,780 juta.

Kepala Dinas Kehutanan Pasaman, Yozarwardi Usama Putra mengatakan, bahwa ban­tuan tersebut merupakan sum­bangsih pihak UNDP atas ke­pedulian keltan tersebut dalam melestarikan lingkungan dan pengelolaan hutan berbasis masyarakat.

”Ketiga kelompok HKM itu dinilai berhasil dalam pem­berdayaan masyarakat dise­kitar hutan, dengan skema pe­ng­e­lolaan hutan berbasis ma­syarakat,” kata Yozarwardi.

Dikatakan, ketiga kelompok hutan kemasyarakatan itu me­miliki bidang kegiatan pada kelom­pok yang mereka kelola. Kegiatan tersebut, kata Yoz, dapat meningkatkan taraf hidup dan ekonomi para anggota dan masyarakat setempat.

Seperti Keltan Karya Setia, fokus dalam pengelolaan gula aren. Keltan Sontra, fokus pada pengembangbiakan ternak sa­pi. Sementara Keltan Pertemuan Saiyo, fokus pada pem­bangunan tenaga listrik tenaga mini hidro. ”Jadi, dana dari pihak UNDP itu dipergunakan untuk pengelo­laan bidang kegiatan tersebut, dengan jangka waktu pelak­sanaan hingga September tahun ini,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan, dana bantuan tersebut harus dikelola dengan baik dan benar, sesuai peruntukannya.

Ia meminta, pengurus ke­lompok HKM harus melakukan transparansi ter­hadap peng­gunaan ang­ga­ran. ”Pesan saya, jangan dise­leweng­kan. Ketiga keltan penerima bantuan ini harus mengelola dana itu de­ngan baik dan benar. Jangan dimain-mainkan,” ujar Yusuf Lubis didampingi Wa­bup Atos Pratama. (h/mg-yud)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]