BLK PAYAKUMBUH DIMINATI TENAGA KERJA

Berharap Tambahan Sarana dan Instruktur


Selasa, 02 Agustus 2016 - 11:27:19 WIB

PAYAKUMBUH, HA­LUAN — UPTD Balai La­tihan Kerja (BLK) Payakumbuh mem­butuhkan tambahan sarana prasarana untuk kelancaran aktivitas pelatihan. Diantara sarana yang perlu ditambah adalah perbaikan ruang belajar teori untuk setiap kejuruan, juga dibutuhkan tempat parkir, serta rehab aula beserta ke­lengkapannya.

Kepala UPTD BLK Paya­kumbuh, Daswing ketika di­hu­bungi, Senin kemarin me­nya­takan, UPTD BLK Paya­kumbuh saat ini me­miliki kantor dan aula ma­sing-ma­sing 1 unit, serta work­­shop tekhnologi mekanik, menjahit, otomotif, pertanian, listerik dan computer.

“Karena itu, untuk pro­gram kerja mendatang, kami akan menuntaskan tambahan ruang pelatihan berlantai tiga,” katanya.

Selain itu,lanjut Daswing, pihaknya membutuhkan tam­bahan instruktur untuk me­n­jawab perkembangan ketena­ga­ker­jaaan menghadapi MEA. Saat ini, BLK dengan visi “Terwujudnya tenaga kerja terampil, mandiri, dan pro­duktif”  ini, punya tenaga instruktur 13 orang, calon instruktur 4 orang, ditambah pimpinan BLK dan Kasubag serta tenaga fungsional umum sebanyak 9 orang.

“Selain itu juga dibut­uhkan ruang untuk pelatihan tenaga kesehatan serta labor bahasa. Sebab dengan  ma­suknya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), labor bahasa sangat mendesak, minimal untuk bahasa Inggris,” ka­tanya.

Peserta pelatihan di wi­layah kerja BLK Paya­kum­buh ini, cukup banyak, be­rasal dari berbagai daerah. Se­lain dari  Kota Pa­ya­kum­buh dan Kabu­paten Lima­puluh Kota, juga berasal dari daerah tetangga Kabupaten Agam, Bukittinggi, Tanah Datar, Pasaman, Sijun­jung, Darmasraya.

Bagi generasi muda yang berminat mengikuti pelatihan di BLK Payakumbuh, ada beberapa program unggulan yang bisa dipilih sesuai ke­bu­tuhan. Persyaratan tidak sulit, yaitu dengan pendaftaran, seleksi, serta masuk pe­lati­han. Dalam satu tahun, BLK Payakumbuh bisa mencetak 320 orang tenaga trampil.

“Namun jika ada pro­gram walinagari untuk mem­berikan pelatihan pada war­ganya di nagari masing-masing, pihak BLK juga siap menurunkan instruktur ke nagari ber­sang­kutan,” ka­tanya.

Dikatakan, saat ini sudah ada beberapa nagari yang meminta dan meng­ko­n­sul­tasikan pelatihan dan pem­buatan RAB (Rencana Ang­gran Biaya). Rencana pel­at­i­han dilaksanakan di nagari. Langkah ini merupakan salah satu upaya mengurangi angka pe­ngangguran di nagari khu­susnya di Luak Limopuluah, Kabupaten Limapuluh dan Kota Payakumbuh.        

Daswing yang di­dam­pingi Kadisosnaker Pa­ya­kumbuh, dengan beberapa bidang dan seksi, juga sudah mengekspos tambahan ke­bu­tuhan di UPTD BLK di­ha­dapan tim Sekretariat Wapres Yusuf Kalla, Bidang Ke­tenaga Kerjaan dari Jakarta yang hadir di BLK setempat, Rabu lalu. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]