Proses Penataan Nagari di Pasbar Sudah berjalan 40 Persen


Selasa, 02 Agustus 2016 - 15:59:15 WIB
Proses Penataan Nagari di Pasbar Sudah berjalan 40 Persen Logo pasaman barat

PASBAR, HALUAN-- Proses penataan nagari di Pasbar sudah berjalan hingga 20 persen. Pemda Pasbar menjamin penataan atau pemekaran nagari tidak akan mempengaruhi tapal batas nagari atau wilayah nantinya. Sebab, penataan nagari hanya pemerintahan nagari saja yang dirubah, bukan nagarinya atau ulayat.

Menurut Kepala Biro Pemerintahan Pasaman Barat Edison Zelmi kemarin di ruangannya, sosialisasi penataan nagari sudah selesai dilakukan. Namun, di lapangan masih ditemukan adanya pro dan kontra dari Kerapatan Adat Nagari. Kontra ini muncul karena pemahaman niniak mamak serta pesan dari Pemda belum sampai. Seperti penataan nagari, padahal penataan pemerintahan nagari, sehingga masyarakat adat paham sendiri jadinya. Bahwa yang akan ditata itu hanya pemerintahan nagari. Proses penataan pemerintahan  nagari sendiri sudah berjalan 40 persen. "Misalnya niniak mamak yang tidak setuju nagari itu dimekarkan. Niniak mamak itupun tidak setuju karena belum memahami tujuan dari penataan nagari tersebut,"ucap Edison Zelmi.

Selain itu, Edison Zelmi menekankan bahwa penataan nagari tidak ada kaitannya dengan nagari ulayat. Sebab, selama ini masyarakat takut penataan nagari berhubungan dengan penataan nagari adat. "Ibaratnya pemerintahan nagari itu yang kita mekarkan agar pelayanan kepada masyarakat optimalkan. Sebab, jumlah penduduk yang sudah melebihi dan sebagainya," terang Edison Zelmi. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]