Musim Hujan Datang, BPBD Pasaman Waspadai Bencana Banjir dan Longsor


Selasa, 02 Agustus 2016 - 16:18:15 WIB
Musim Hujan Datang, BPBD Pasaman Waspadai Bencana Banjir dan Longsor Logo BPBD

PASAMAN, HALUAN--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman,
mewaspadai bencana banjir, tanah longsor, mengingat saat ini daerah itu mulai dilanda musim penghujan. "Kami sudah memetakan ada belasan titik yang rawan terjadinya banjir dan tanah longsor di saat musim hujan. Titik tersebut menjadi kewaspadaan kita," kata M Sayuti Pohan, saat dihubungi, Selasa (2/8).

Ia mengatakan, sebanyak 12 titik rawan banjir dan tanah longsor tersebut tersebar disejumlah nagari di 12 kecamatan. Bahkan, kata dia, pihaknya juga mewaspadai terjadinya puting beliung yang kerap melanda kawasan itu. "Catatan kami titik paling rawan banjir ada di wilayah Panti,  Mapattunggul Selatan, Simpati, Bonjol, Rao Utara, Rao Selatan dan Padanggelugur. Sementara daerah rawan longsor, terdapat di Tigonagari, Duokoto, Mapattunggul, Bonjol dan Rao," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana tersebut, kata Sayuti, pihaknya sudah melakukan sejumlah kegiatan, mulai dari kegiatan sosialisasi dan mitigasi bencana ketengah masyarakat. Menurutnya, dengan adanya upaya antisipasi tersebut dapat mengurangi resiko bencana di daerah itu. Selain itu, kata Pohan,  juga untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. (h/mg-yud)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 19:12:34 WIB

    Meskipun Musim Kemarau, Curah Hujan di Sumbar Meningkat

    Meskipun Musim Kemarau, Curah Hujan di Sumbar Meningkat HARIANHALUAN.COM - Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau - Padang Pariaman, Yudha Nugraha menyebut curah hujan di Sumbar meningkat meskipun seharusnya musim kemarau..
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 12:09:32 WIB

    Ribuan Calon Pengantin di Sumbar Daftar Nikah di Musim Corona

    Ribuan Calon Pengantin di Sumbar Daftar Nikah di Musim Corona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kantor Urusan Agama (KUA) tetap membuka layanan akad nikah di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, layanan tersebut hanya berlaku bagi calon pengantin (catin) yang mendaftar sebelum 1 April.
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 19:18:31 WIB

    Musim Hujan Masih Panjang, Pemprov Siaga Hadapi Bencana

    Musim Hujan Masih Panjang, Pemprov Siaga Hadapi Bencana PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menggelar apel siaga bencana banjir, banjir bandang dan tanah longsor tingkat Provinsi Sumbar di Ruang Taman Hijau (RTH) Ima.
  • Senin, 27 Januari 2020 - 19:54:57 WIB

    Musim Hujan, Wali Kota Payakumbuh Imbau Warga Tertib Buang Sampah

    Musim Hujan, Wali Kota Payakumbuh Imbau Warga Tertib Buang Sampah PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Sejak beberapa pekan terakhir, Kota Payakumbuh, masih menghadapi cuaca ekstrim. Kondisi yang melanda Kota Payakumbuh saat ini terlihat pada Minggu (26/1) malam dan Senin siang turun hujan lebat.
  • Senin, 25 November 2019 - 09:28:36 WIB

    Musim Hujan Tiba, Empat Kabupaten di Sumbar Dilanda Bencana

    Musim Hujan Tiba, Empat Kabupaten di Sumbar Dilanda Bencana PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hampir seluruh daerah di Sumatera Barat sudah memasuki musim hujan. Hujan dengan intensitas tinggi membuat sejumlah daerah sampai mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Badan Pananggulangan Ben.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]