Irigasi Koto Tuo Lubuk Minturun Jebol, 1008 Hektar Sawah Terancam Kekeringan


Selasa, 02 Agustus 2016 - 16:44:59 WIB
Irigasi Koto Tuo Lubuk Minturun Jebol, 1008 Hektar Sawah Terancam Kekeringan Irigasi jebol di Koto Tuo Lubuk Minturun, Selasa (2/8)

PADANG, HALUAN--Banjir bandang yang terjadi pada hari Senin (1/8) kemarin, mengakibatkan jebolnya irigasi Koto Tuo Lubuk Minturun Padang, (2/8). Kerusakan irigasi ini mengakibatkan 1008 hektar sawah terancam kekeringan.

Jebolnya irigasi Koto Tuo merupakan bencana besar bagi masyarakat Balai Gadang khususnya kecamatan Koto Tangah. Pasalnya 70% warganya bermata pencarian sebagai petani padi maupun petani ikan. Dimana semua mata pencarian itu bergantung dengan lancarnya irigasi air. Irigasi Koto Tuo merupakan irigasi induk di Kecamatan Koto Tangah, dengan jebolnya irigasi ini masyarakat sangat khawatir kehilangan mata pencarianya sebagai petani.

Penjaga pintu air, Sapharia (38) menyebutkan, "Pihak PU Padang telah datang ke lokasi irigasi untuk meninjau kondisi irigasi. Tetapi sampai sekarang belum ada alat berat yang diturunkan untuk.membenahi irigasi tersebut. “Kasus seperti ini sudah lama tidak pernah terjadi, terakhir tahun 2010 lalu. Meskipun tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian mencapai muliaran rupiah,” katanya. (h/mg-rul)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 November 2018 - 13:21:13 WIB

    1.200 HA Sawah Kekeringan, Irigasi Koto Tuo Butuh Perbaikan Mendesak

    1.200 HA Sawah Kekeringan, Irigasi Koto Tuo Butuh Perbaikan Mendesak PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekitar 1.200 hektare sawah di Kota Padang masih terdampak kekeringan. Hal ini disebabkan belum diperbaikinya Irigasi Koto Tuo yang rusak akibat banjir bandang tahun 2016 lalu..
  • Senin, 17 April 2017 - 09:39:11 WIB

    Warga Pilakuik Minta Perbaikan Irigasi

    PADANG, HALUAN -- Masyarakat Pilakuik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, keluhkan saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang yang jebol. Masyarakat setempat meminta irigasi tersebut diperbaiki. Selain beresiko pada bangunanan mus.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:57:06 WIB

    Warga Diimbau Jauhi Irigasi Koto Pulai

    PADANG, HALUAN — Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo meng­imbau kepada seluruh masya­rakat agar tidak beraktifitas di Check Dam Koto Pulai, Keca­matan Koto Tangah. Selain memba­haya­kan bagi warga, bendun.
  • Senin, 24 Oktober 2016 - 01:42:09 WIB

    Irigasi Air Dingin Jebol, 800 Hektare Lahan Kesulitan Air

    PADANG, HALUAN — Saluran irigasi primer Batang Aia Dingin yang berada di Kelurahan Balai Gadang Kota Padang jebol. Akibatnya, sekitar 800 hektare lahan pertanian kesulitan mendapatkan air..
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:25:45 WIB

    Dana Perbaikan Darurat Irigasi Koto Tuo Rp450 Juta

    PADANG, HALUAN—Daerah Irigasi Koto Tuo di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang yang jebol akibat banjir 1 Agustus lalu, segera diatasi dengan penanganan darurat..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]