Bangunan Pasar Produksi Kota Pariaman Mulai Rusak


Rabu, 03 Agustus 2016 - 03:26:38 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Bangunan fisik pasar produksi Kota Pariaman di bypass Jati, kini mulai runyam. Hal itu ditandai pada sejumlah titik loteng bagian luar, tampak berlubang karena pecah dimakan air yang berasal dari atab toko yang bocor.

Selain itu, pada bagian loteng yang berlubang, sudah ada yang ditumbuhi tanaman perdu atau rumput liar, kondisi ini terlihat jelas pada bagian paling ujung arah ke barat deretan toko blok tengah di pasar jati tersebut.

Atau kondisi itu bisa terlihat jelas, bila masuk ke pasar tersebut dari gerbang menuju kantor Dishub Kominfo lihat deretan petak toko bagian paling belakang, deretan toko bagian tengah.

Selain itu kondisi jejeran toko tampak masih banyak tutup, hanya lebih kurang 8 atau ‘10 toko yang buka beraktifitas sesuai fungsinya, sisanya tutup semua.

“Memang kondisi pasar produksi sampai kini tidak banyak aktifitasnya,” aku Ke­pala Dinas Koperindag Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit menjawab Haluan, Selasa (2/8).

Jumlah petak toko yang ada diluar petak lost, sebnayk 50 petak, tetapi memang 10 petak yang beraktifitas jualan atau memproduksi jahitan kerajinan, di pasar tersebut.

:Kita sudah coba beberapa upaya untuk menggeliatkan kegitan pasar ini, pernah kita coba pedagang K5 yang tidak punya kedai di pasar pariaman di bawa kesini untuk berjualan, termasuk sayur, ikan dan lainya kebutuhan pokok, tapi itu berjalan hanya sebentar.

Juga kita ramaikan pula dengan beragam kegiatan yang dikelola pemerintah kota, se­perti senam, dan pameran serta ekspo, sehabis itu kondisinya kembali lagi redup.

Padahal kita berharap kepa­da penyewa toko berkegiatan sebagaimana layaknya kegiatan toko yang ada di pasar, namun itulah kenyataanya kini, seperti yang terlihat.

“Tahun ini, terhadap fisik toko pasar produksi yang me­ngalai kerusakan pada sejumlah titik, belum  bisa kita kerjakan, karena dana untuk kegiatan tersebut tidak ada, tetapi tahun depan kita coba lagi anggarkan untuk membenahi pasar ter­sebut,” lanjutnya.

Sementara langkah untuk menjadikan pasar ini meng­geliat dan ramai tetap akan diupayakan dengan mengisi banyak kegiatan disini, ter­utama kegiatan tahunan, seperti Piaman expo misalnya. (h/tri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]