Atasi Penyusutan Lahan Pertanian

Pemko Pariaman Segera Susun Perda Baru


Rabu, 03 Agustus 2016 - 03:28:09 WIB

PARIAMAN, HALUAN  — Ke depan, Pemerintah Kota Pariaman berencana menyusun rencangan Perda untuk dijadikan Perda dalam menangkis penyusutan lahan pertanian beririgasi teknis dari alih fungsi lahan.

“Memang tidak bisa di­pungkiri, terkadang alih fungsi lahan terjadi akibat kemajuan pembangunan kota Pariaman, tetapi ini perlu disiasati, kalau tidak, lahan-lahan subur pro­duktif beririgasi teknis akan habis semua,” kata Kepala Dinas pertanian Kota Pa­ria­man, Agus Riatman menjawab Haluan tentang alih fungsi lahan pertanian yang terus terjadi di Kota Tabuik itu, Selasa (2/8).

Kota Pariaman, sampai saat ini masih menjadi salah satu kota swasembada beras dan itu perlu dipertahankan, makanya alih fungsi lahan pertanian ke depan terutama lahan pertanian padi sawah, perlu diatur debaik-baiknya dan disinilah perlunya perda itu.

Tiap tahun terjadi pe­nyu­sutan lahan pertanian di kota ini, terutama lahan pertanian produktif dan beririgasi teknis, tidak tinggi, Cuma 1-5%/ ta­hun, namun lama-lama kita percaya lahan itu menjadi sempit dan habis.

Secara kasat mata, di ham­paran bypass Kota Pariaman, lahan irigasi teknis sudah ber­ubah, diatasnya kini  banyak berdiri bangunan-bangunan seperti ruko, rumah tempat tinggal dan komplek-komplek perumahan.

Memang dibenarkan, pe­merintah tidak punya lahan pertanian yang seperti itu, tetapi kita coba untuk me­ngaturnya, agar lahan pertanian produktif tidak habis dan kota pariaman kota swasembada beras tidak tinggal nama nan­tinya. “Disini kita butuhkan dukungan masyarakat,” kata­nya.

Untuk menciptakan pem­bangunan kota yang seimbang, indah dan teratur, tetap memer­lukan dukungan masyrakatnya, begitupula di bidang pertanian ini.

Berbicara soal anggaran untuk pertanian, pemerintah terus menambah melalui AP­BD dari waktu ke waktu, se­hingga pertanian di daerah ini tetap bergairah, dan ma­syara­katpun menuai kesejahteraan dengan panen melimpah.

Produksi gabah dari per­tanian padi sawah di kota ini, 6,2 ton/hektare. Sementara luas sawah produkktif yang ada, 2.521 hektare dengan varitas tanaman padi bervariasi, dari Ir42, sokan, batang Paiaman termasuk sokan putih.

“Varitas yang ditanam peta­ni padi sawah disini mengacu kepada pasar,” kata Agus Ri­atman. (h/tri/hel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 September 2020 - 22:25:32 WIB

    Pemko Pariaman Perpanjang Masa Tes Swab Gratis

    Pemko Pariaman Perpanjang Masa Tes Swab Gratis HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman memperpanjang masa tes swab gratis untuk masyarakat Kota Pariaman sampai Jumat (5/9/2020). Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, H. Syahrul, Rabu (2/9/2020), pelaksa.
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 15:53:25 WIB

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota HARIANHALUAN.COM - Baru pertama kali pimpinan daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman melakukan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di halaman musala Balaikota Pariaman sesudah sala.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 14:42:15 WIB

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan HARIANHALUAN.COM - Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) pada ruas jalan Koto Marapak -Cubadak-Mentawai, Kota Pariaman selesai dikerjakan dan masyarakat sudah dapat menikmati penerangan tersebut. .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 15:39:30 WIB

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP 

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP  HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto menyediakan lahan dan akan membangun kampus jauh Universitas Negeri Padang (UNP) diarea Kandi. Sebelumnya Pemko telah meneken Momerandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UNP..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:49:03 WIB

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi HARIANHALUAN.COM - Dua jabatan Camat dilingkungan Pemerintah Kota Sawahlunto kembali terisi setelah pejabat sebelumnya memasuki masa purna bakti. Adapun dua Camat tersebut, yakni Camat Kecamatan Barangin dijabat oleh Subandi .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]