Di Padang Pariaman Harga Kelapa Naik


Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:03:41 WIB
Di Padang Pariaman Harga Kelapa Naik Ilustrasi.

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Harga kelapa di Padang Pariaman naik, yakni Rp3.000 per butir. Menjelang Lebaran yang lalu, harganya Rp2.500 per butir hingga Rp2.700 per butir.

Berdasarkan informasi yang dirangkum oleh Haluan dari beberapa orang pedagang pengumpul dan pedagang yang memasarkan kelapa ke beberapa kota di luar Sumbar, harga kelapa naik karena ting­ginya permintaan konsumen akan komoditas tersebut.

Nazaruddin, pedagang pe­ngum­pul kelapa di Kecamatan V Koto Kampung Dalam me­ngu­tarakan, saat ini banyak pe­dagang yang membawa truk colt diesel dan mobil pick up yang meminta dicarikan buah kelapa. “Pada umumnya, peda­gang tersebut mengaku mem­bawa kelapa ke Riau dan Jam­bi,” ujar Nazaruddin di Pa­dang Pariaman, Selasa (2/8).

Ia meungkapkan, pihak­nya hanya mampu melayani sebagian kecil dari banyaknya permintaan para pedagang tersebut. Akibatnya, banyak pedagang yang kecewa karena tidak mendapat kelapa sesuai yang diinginkan.

“Biasanya, saya hanya sang­gup mencarikan kelapa un­tuk pedagang sebanyak satu truk dalam dua hari. Se­men­tara itu, permintaan yang d­a­tang dalam dua hari ter­se­but mencapai 2 truk,” katanya.

Ajo Tando, pemilik truk pengangkut kelapa menye­butkan, kelapa dari Padang Pariaman memang sangat sulit didapatkan dari bulan-bulan sebelumnya. Ia memper­kira­kan hal itu terjadi karena banyak pedagang lain yang masuk ke kabupaten itu.  

Karena banyaknya per­min­­taan dari bulan-bulan se­be­lumnya, kata Ajo, me­nye­bab­kan beberapa peda­gang ber­saing dalam menen­tu­kan har­ga. Hal itu sangat mengu­tung­­kan pedagang pe­ngum­pul.

“Biasanya, untuk mencari kelapa satu truk atau sekitar 6 ribu hingga 8 ribu kelapa, bisa terpenuhi dalam satu hari. Namun sekarang, untuk satu truk buah kelapa tersebut bisa mencapai 2 hingga 4 hari untuk mencarinya,” tuturnya.

Ia membenarkan naiknya harga buah kelapa tersebut di samping disebabkan oleh naiknya permintaan, juga ka­rena berkurangnya produksi kelapa petani. (h/ded)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]