CETAK WIRAUSAHA ANDAL DAN KREATIF

Pemprov Sumbar Luncurkan Sekolah Bisnis


Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:04:26 WIB
Pemprov Sumbar Luncurkan Sekolah Bisnis Pengelola MBS-EC berfoto bersama usai peluncuran sekolah tersebut di Aula Gubernuran Sumbar, Selasa (2/8). Sekolah tersebut didirikan untuk menciptakan wirausaha yang andal dan kreatif. (JEFRI RAJIF)

PADANG, HALUAN — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meluncurkan Minangkabau Business School and Entrepreneurship Center (MBS-EC) di Aula Gubernuran Sumbar, Selasa (2/8). Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, sekolah bisnis tersebut dibuat untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan peluang ekonomi di Sumbar.

“Berbagai potensi sumber daya ekonomi Sumbar perlu dikembangkan. Oleh karena itu, dibutuhkan SDM dengan keterampilan bisnis dan kewi­rausahaan yang kuat, kebi­jakan publik yang men­du­kung tum­buhnya Usaha Mi­kro Kecil Menengah (UM­KM) dan ko­perasi, serta ke­tersediaan in­frastruktur. Se­mentara, kehi­dupan masya­rakat dan pere­konomian da­erah Sumbar per­lu pening­katan untuk hidup yang se­jahtera dan mampu bersaing di era globalisasi. Untuk itu, dibutuhkan sebuah sekolah bisnis dan pusat ke­wira­usa­haan yang dapat mem­per­siapkan SDM pelaku an­dal,” ujar Irwan seebelum melun­curkan MBS-EC.

Irwan menyatakan, Pem­prov Sumbar sangat men­dukung MBS-EC karena kebe­radaan sekolah itu merupakan sebuah terobosan untuk pe­ningkatan kapasitas pelaku usaha di daerah. Selain itu, kehadiran MBS-EC dapat mem­bantu pemecahan per­masalahan-permasalahan yang dialami oleh pelaku usaha.

“Usaha-usaha yang dila­kukan oleh kelompok ma­syarakat yang bersifat positif akan disokong oleh pe­me­rintah karena kami me­nya­dari ujung kegiatan mereka adalah untuk masyarakat,” tuturnya.

Irwan berharap MBS-EC berjalan sukses dan lancar agar bisa menjalankan peran dan tujuan dengan baik sehingga menjadikan ekonomi Sumbar lebih baik.

Sementara itu, Ketua MBS-EC, Prof. Helmi menerangkan, MBS-EC digagas oleh pergu­ruan tinggi, swasta, dan Pem­prov Sumbar. Lembaga ter­sebut didirinkan untuk meng­hasilkan wirausaha mandiri yang mampu memanfaatkan potensi ekonomi dan bisnis secara kreatif. “Pencapaiannya dilakukan melalui penguatan kapasitas, penerapan inovasi, dan membangun jiwa, serta praktik kewirausahaan,” ujar guru besar Unand itu.

Pada peluncuran tersebut juga diadakan kuliah umum dengan narasumber Donny  Oskaria (Komisaris Garuda Indonesia), M. Firdaus (Aka­demisi Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB), dan Tafdil Husni (Rektor Universitas Andalas). (h/mg-uje)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]