KULIAH UMUM KETUA PGRI

STKIP PGRI Sumbar Harus Lahirkan Profesor


Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:31:16 WIB
STKIP PGRI Sumbar Harus Lahirkan Profesor Ketua Yayasan STKIP PGRI Sumbar Dasrizal saat menyerahkan cenderamata kepada Plt Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi didampingi Ketua STKIP Zusmelia dan Dewan Pakar PGRI Bahrul Hayat di Aula STKIP PGRI, Selasa (2/8). (RAHMADHANI)

PADANG, HALUAN — Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi mengingatkan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat jangan sampai terlena dengan prestasi saat ini dan lupa melakukan perubahan serta inovasi. STKIP harus berani bermimpi untuk melahirkan profesor di kampus ini tahun depan.

Ia mencontohkan layanan yahoo yang terkenal di era 90an mengalami kemunduran karena terlena ketika berada di puncak, dan tergeser ketika layanan facebook, twitter, instagram meramaikan media sosial setelah itu.

“Apa yang sudah dila­kukan ketua yayasan dan Ketua STKIP ini merupakan duet yang sangat bagus. Kedua­nya saling mendukung, sehingga lahirlah STKIP seperti saat ini.  Berada pada perguruan tinggi dengan klaster madya dalam pene­litian, bukanlah hal yang mudah. PTN saja masih ke­sulitan. Jadi, jangan terlena ketika sudah di puncak, laku­kan perubahan,” tegasnya saat membuka kuliah umum ber­sama dewan pakar PGRI di Aula STKIP PGRI Sumbar, Selasa (2/8).

Kuliah umum ini ber­temakan Melalui Kepe­mim­pinan dan Tata Kelola yang Baik Kita Tingkatkan Mutu di STKIP PGRI Sumbar. Meng­hadirkan narasumber Dewan Pakar PGRI yang juga mantan Sekjen Kemenag Bahrul Ha­yat. Unifah Rosyidi yang juga Ketua Pembina Badan Pem­bina Lembaga Pen­didikan Tinggi (BPLP-PT) turut men­jadi nara­sumber.

Terkait akreditasi insitusi perguruan tinggi di bawah bin­aan PGRI, Unifah men­ya­takan saat ini semuanya su­dah mendaftar dan menga­jukan akreditasi. STKIP PGRI Sum­bar sendiri sedang me­nga­jukan reakreditasi, setelah sebe­lumnya meraih C. Na­mun, dari 9 prodinya sudah terakreditasi B gemuk.

Unifah pun melihat tradisi akademik sudah muncul di perguruan tinggi ini. Dan ini menjadi pertanda sebuah keberhasilan dari tata kelola yang baik.

“Bagi PTS ada dua cakra­wala berpikir yang perlu di­bangun. Pertama peran ter­hadap lembaga, yaitu yayasan dan PGRI dan peran terhadap akademik. Peran terhadap akademik adalah mening­katkan mutu,” pungkas Unifah.

Ketua Yayasan STKIP PGRI Sumbar Dasrizal me­ngatakan, perguruan tinggi ini semakin meningkatkan mu­tunya. Didominasi dosen mu­da, PTS ini berada pada klas­ter A dalam bidang penelitian.

“STKIP PGRI salah satu dari 53 PT yang berada da­lam klaster ini. Dan kami si­ap melahirkan profesor tahun depan,” ucapnya.

Tak hanya itu, PGRI Sum­bar juga berhasil melo­loskan mahasiswanya ke ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) di Bogor nanti.

Ia menyebut, dengan 108 keberadaan PTS di Sumbar dan 142 PTS di wilayah Kopertis Wilayah X, STKIP PGRI tidak boleh main-main dengan mutu. Jika lalai, maka calon mahasiswa akan pergi ke tempat lain. Saat ini, STKIP PGRI masih menjadi LPTK penerima mahasiswa terbanyak untuk Kopertis Wilayah X.

“Ke depan yang menjadi target adalah menjadi terbaik dan terus berbenah termasuk di internal. Jika mutu tidak bagus, maka akan ditinggal­kan,” ucapnya.

Ketua STKIP PGRI Sum­bar Zusmelia mengatakan, kuliah umum ini merupakan permulaan di awal semester yang ditujukan bagi pendidik. Pen­didik diajak lagi me­ne­mukan passionnya sehingga mampu melahirkan anak didik berkualitas nantinya. (h/eni)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 November 2016 - 00:45:34 WIB

    Mahasiswa Jerman Akhiri Magang di STKIP PGRI Sumbar

    Mahasiswa Jerman Akhiri Magang di STKIP PGRI Sumbar PADANG, HALUAN — Se­lama tiga bulan belakangan, mahasiswi asal Jerman Lisa Macheleidt belajar di STKIP PGRI Sumbar. Kegiatan ma­gang Lisa ini dibiayai oleh pemerintah Jerman melalui beasiswa DAAD RISE. Selama magang di ST.
  • Jumat, 04 November 2016 - 00:26:51 WIB

    Simpang STKIP PGRI Sering Macet

    PADANG, HALUAN — Tradisi ang­kutan Kota (angkot) ngetem yang menyebakan kemacetan ternyata susah dihilangkan. Saat ini, keluhan pengendara jalan me­muncak akibat angkot beramai ngetem menunggu penumpang di simpang Jalan S.
  • Senin, 10 Oktober 2016 - 02:19:07 WIB

    STKIP PGRI Sumbar Akan Sediakan Asrama bagi Mahasiswa

    STKIP PGRI Sumbar Akan Sediakan Asrama bagi Mahasiswa PADANG, HALUAN — Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pen­didikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat berencana membangun as­rama bagi mahasiswanya. Saat ini di lahan seluas 1,8 hektare telah dimulai pembangunan convention hall, dan .
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 11:25:25 WIB

    STKIP Juara Tata Kelola Keuangan Terbaik

    STKIP Juara Tata Kelola Keuangan Terbaik PADANG, HALUAN—Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumbar juara tata kelola ke­uangan terbaik yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah X. Bendahara di bagian BAUK Vina Yolanda yang mewakili STKIP dal.
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 13:08:11 WIB

    Dosen Muda STKIP PGRI Sumbar Terima Pelatihan AA

    PADANG, HALUAN —Seko­lah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat mela­kukan pelatihan Applied App­roach (AA) bagi 48 dosen mudanya. Program ini meru­pakan program pelatihan yang dapat dimanfaatka.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]