WUJUDKAN PADANG BERSIH

DKP Bentuk Relawan Kebersihan


Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:31:38 WIB

PADANG, HALUAN — Usai dilantik, Kepala Dinas Ke­ber­sihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang, Al Amin langsung tancap gas. Gebrakan yang dilakukannya membuat pa­su­kan­­nya sedikit kaget. Namun pada prinsipnya, mereka semua mendukung gerak cepat pim­pinan baru dalam menciptakan kebersihan kota.

Diantaranya, jadwal pe­ngang­kutan sampah tak boleh lewat pukul 08.00 WIB setiap hari. Artinya, setelah Subuh, seluruh petugas harus sudah mengangkut sampah ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Untuk itu, masyarakat juga harus taat meletakkan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) pada pukul 17.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

“Kita berharap, masyarakat bisa mematuhi jadwal peletakan sampah di TPS ini. Sehingga proses pengangkutan ke TPA juga tak terlambat,” ujar Al Amin, kemarin.

Selain itu, Al Amin juga akan membentuk relawan ke­ber­sihan di setiap kelurahan. Rela­wan yang berjumlah 10 orang ini, bertanggung jawab untuk kebersihan di wilayahnya ma­sing-masing sekaligus me­ngi­ngat­kan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan mem­buang sampah pada tempatnya.

“Kita juga minta tolong pada pengurus mesjid jelang Salat Jumat, untuk menyelipkan im­bau­an membuang sampah pada tempatnya,” terang Al Amin.

Dikatakan, masalah ke­ber­sihan itu tak bisa hanya mengan­dalkan aparatur saja, butuh kerjasama dan kesadaran seluruh masyarakat. Untuk itu, dari kalangan generasi muda, pihak­nya akan meminta partisipasi mahasiswa baru saat pengenalan kampus melalui perguruan tinggi masing-masing, untuk gotong royong membersihkan kawasan pasar dan Pantai Padang.

Sedangkan siswa SMA/SMK, melalui sekolahnya juga diminta untuk rutin gotong royong mem­bersihkan lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya.

Salah seorang PNS di ling­kungan DKP, Hanif, menga­pre­siasi kebijakan pimpinannya. Diharapkan, dengan berbagai kebijakan ini dapat menyadarkan warga tentang arti penting ke­ber­sihan. Pemko telah menyediakan TPS di setiap tempat strategis yang bisa dijangkau warga.

“Juga ada truk pengangkut yang berjalan pelan di jalan utama kota, warga bisa menitip sampah padanya. Ada pula LPS di setiap kelurahan, berupa becak motor pengangkut sam­pah,” katanya. (h/vie)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Agustus 2019 - 17:10:56 WIB

    16 Bangkai Kapal di Batang Arau Berhasil Dikeluarkan DKP

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 dari 17 target bangkai kapal di Muaro Batang Arau berhasil dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Saat ini masih bersisa satu bangkai kapal yang ukurannya cukup besar dan terken.
  • Kamis, 26 Oktober 2017 - 03:35:05 WIB

    DKP Gelar Lomba Marandang Teri

    DKP Gelar Lomba Marandang Teri PADANG, HALUAN—Tidak seperti lomba memasak rendang (marandang) biasanya yang menggunakan bahan utama daging, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang menggelar marandang ikan teri..
  • Sabtu, 11 Maret 2017 - 04:04:41 WIB

    DKP Kembangkan Udang Vaname

    PADANG, HALUAN--Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang menargetkan 100 tambak Udang Vaname. Budidaya udang ini dianggap lebih efektif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. .
  • Kamis, 15 Desember 2016 - 01:00:57 WIB
    TERBESAR RETRIBUSI SAMPAH

    DKP Targetkan PAD Rp9,6 Miliar

    PADANG, HALUAN — Tahun 2017, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang targetkan Rp9,6 miliar retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Angka tersebut naik Rp1,6 miliar dari tahun 2016 dengan target Rp8 miliar..
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:26:25 WIB

    Kepala DKP Padang Al Amin: Parkir di Taman, Ban Dikempeskan

    PADANG, HALUAN —Mes­kipun di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman telah dipasang rambu-rambu lalu lintas dilarang parkir dan berhenti, namun kendaraan roda empat masih saja me­lan­g­gar aturan ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]