PAGI INI DI PANTAI PADANG

Festival Kuliner Meriahkan TdS 2016


Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:34:37 WIB
Festival Kuliner Meriahkan TdS 2016 Asisten Deputi Pengem­bangan Segmen Pasar Per­sonal Kemenpar RI, Raseno Arya

PADANG, HALUAN—Ke­menterian Pariwisata RI be­kerja sama dengan Pemko Padang, menggelar festival kuliner, yang akan digelar Rabu (3/8) pagi ini di Jl. Samudera Pantai Padang. Kegiatan dalam rangka me­meriah­kan Tour de Sing­karak 2016 ini, akan diikuti puluhan pedagang sate dan soto, serta para peserta lom­ba marandang dari 104 ke­lurahan se Kota Padang.

“Ini adalah upaya pe­me­rintah untuk menggenjot promosi pariwisata dari kuli­ner khas nusantara, sekali­gus dalam rangka me­me­riah­kan TdS 2016,” ujar Asisten Deputi Pengem­bangan Segmen Pasar Per­sonal Kemenpar RI, Raseno Arya di Padang kemarin.

Kota Padang dipilih se­bagai tuan rumah festival kuliner ini, kata Raseno karena memiliki beragam jenis kuliner yang enak dan lezat. Apalagi khusus ma­ka­nan jenis sate, soto dan rendang juga telah masuk dalam daftar 30 ikon kuliner tradisional Indonesia (IKTI).

“Soto, sate dan rendang identik dengan Kota Pa­dang. Ketiga jenis masakan itu cocok dengan lidah ma­sya­rakat Indonesia. Apalagi rendang, kini sudah jadi makanan terlezat di dunia,” kata Raseno, yang dipasti­kan akan membuka langsung ke­gia­tan ini bersama Wali­kota Pa­da­ng, Mah­yeldi.

Festival se­bagai ajang me­m­­per­ke­nal­kan ku­­­­liner nu­san­tara sebagai sa­lah satu daya ta­rik wisata, baik bagi wisatawan nusantara mau­pun man­ca­ne­ga­ra, mem­be­rikan infor­masi aktual dan akurat me­nge­nai berbagai ke­ra­ga­man ku­liner nusantara, be­serta se­jarah dan filosofinya.

“Kita juga berharap, ke­giatan ini mendorong minat masyarakat un­tuk mengon­su­m­si dan men­cin­tai kuliner nu­san­tara serta me­n­ciptakan ikon kuliner nu­san­tara se­bagai salah satu ku­li­ner ter­baik di du­nia un­tuk men­­jadi me­dia pro­mosi wi­sata Indo­nesia,” harapnya.

Diperkirakan Indonesia me­mi­liki 5.300 kuliner tra­disional yang tersebar di lebih dari 17.000 pu­lau. Kuliner me­miliki potensi ekonomi yang be­sar. Ter­bukti tahun 2013 kontri­busi nilai tambah bruto sektor kuliner sebesar Rp­208,6 triliun de­ng­an rata-rata per­tum­buhan 4,5% (20­12 – 2013). Unit usaha yang ter­cipta dari sektor kuliner adalah se­besar 3 juta dengan rata-rata petumbuhan 0,9%.

Kepala Dinas Ke­budaya­an dan Pariwisata Pa­dang, Medi Iswandi mengatakan, lomba marandang, memasak sate dan soto tahun ini meru­pakan hajatan kali kedua. Kegiatan digelar di halaman Puja Sera, Jalan Samudera Padang tepatnya di depan kantor Disbudpar.

“Khusus lomba ma­ran­dang, seluruh kelurahan am­bil bagian. Sementara lomba memasak sate dan soto di­ikuti pelaku UMKM yang kesehariannya berjualan sate dan soto. Untuk juri, kita telah mempersiapkan juri yang berkompeten,” ujarnya, kemarin.

Masing-masing pe­me­nang dari setiap kategori, panitia pelaksana mem­beri­kan reward berupa uang tu­nai. Medi berharap festival kuliner ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung se­ka­ligus menikmati randang, sate dan soto khas Padang. (h/yan)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 November 2019 - 14:49:06 WIB

    Festival Siti Nurbaya Dibuka, Hendri Septa: Padang Jadi Tujuan Wisata Terdepan

    Festival Siti Nurbaya Dibuka, Hendri Septa: Padang Jadi Tujuan Wisata Terdepan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Warga Kota Padang dan sekitarnya terlihat antusias dan memadati pembukaan Festival Siti Nurbaya 2019 yang digelar di kawasan Danau Cimpago, Sabtu (23/11). Iven tahunan Pemerintah Kota Padang melalui.
  • Sabtu, 26 Oktober 2019 - 16:50:53 WIB

    Yuk, Ramaikan Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019 OJK Sumbar di GOR H Agus Salim

    Yuk, Ramaikan Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019 OJK Sumbar di GOR H Agus Salim PADANG, HARIANHALUAN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar menggelar Festival Akbar Inklusi Keuangan 2019, 27 Oktober 2019. Kegiatan tersebut akan digelar di GOR H Agus Salim Padang..
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:25:52 WIB

    Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan

    Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Festival Siti Nurbaya 2018 kembali digelar oleh di Kota Padang. Ajang tahunan Pemko Padang ini akan dibuka secara resmi pada Jumat 9 November mendatang, dengan tujuan terus memperkenalkan Budaya M.
  • Senin, 05 Maret 2018 - 12:32:28 WIB

    Festival Cap Go Meh, Uang Berputar di Padang Rp2,5 Miliar

    Festival Cap Go Meh, Uang Berputar di Padang Rp2,5 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM- Festival Cap Go Meh yang berlangsung di kawasan Pondok Kota Padang, Jumat lalu telah membawa keuntungan tersendiri untuk Sumbar terutama Kota Padang..
  • Jumat, 02 Maret 2018 - 10:58:14 WIB

    Hari Ini Festival Cap Go Meh di Padang

    Hari Ini Festival Cap Go Meh di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM- Hari ini, Jumat (2/4) jangan lupa saksikan kemeriahan festival Cap Go Meh di kawasan Pondok, Padang. Mulai jam 4 sore akan ada atraksi-atraksi hebat. Bahkan ada pertunjukkan atraksi sepasan dari ti.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]