Kabur, Napi Ditangkap Polisi


Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:35:39 WIB
Kabur, Napi Ditangkap Polisi Ilustrasi.

AGAM, HALUAN — Kepolisian Sektor Tan­jung Mutiara berhasil mencokok seorang napi LP Kelas II B Padang Langsano,yang mencoba kabur, persisnya di ruas jalan di Simpang Durian Kapeh, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, sekitar Pukul, 04.30 WIB. 

Rudianto (21), gagal me­lo­los­kan diri setelah di­cu­ri­gai anggota Polsek Tanjung Mutiara yang melakukan Patroli Rutin. Ia sempat berusaha menyenbunyikan jati diri saat ditanyai. Namun setelah didesak ia kemudian mengaku adalah warga bina­an yang sedang mencoba kabur. 

Kapolsek Tiku AKP Jefri Afridan, mengatakan, saat anggota melakukan patroli curiga dengan gerak-gerik Rudi. yang bersangkutan seperti orang ketakutan serta tidak menggunakan alas kaki. Melihat kondisi demi­kian polisi menghampiri dan menanyainya. 

“Jawaban Rudi berbelit-belit, serta tidak bisa di­terima awalnya. Kemudian didesak, lalu ia mengaku baru saja kabur dari LP  Ke­las II B Padang Langsano, Lubuk Basung. Setelah men­dapatkan jawaban itu ia kemudian diamankan di Polsek,” jelsanya. 

Sementara itu warga bi­na­an Rudianto (21) menga­ku, mencoba melarikan diri karena sudah tidak tahan lagi me­ring­kuk lebih lama di balik jeruji besi. Ia mengaku Warga Bawan Kecamatan IV Nagari, saat sudah menjalani lebih kurang 2 tahun hukuman. 

“Saya sudah capek da­lam penjara. Pada pada tahun 2014 saya ditangkap di pa­sar bawan  karena ke­pe­mili­kan ganja. Saya berhasil kabur sekitar pukul 02.00 setelah mengelabui pen­jaga” ungkapnya. 

Rudi  mengaku, untuk melakukan aksinya kabur dari LP ia sudah meren­cana­kan sebelumnya, melihat le­mah­nya pengawasan dari pi­hak LP dia kabur dengan melompat pagar dengan me­ng­gunakan sambungan kain.

Kasi Pengamanan LP Ke­las II B Lubuk Ba­sung, Har­tono, mengakaui jika pe­ngamanan di LP Padang La­ng­sano cukup lemah. Hal ini tidak lepas dari mi­nim­nya sumberdaya manusia yang melakukan tugas tersebut. 

“Kita sangat keter­bata­san personil. Jumlah nara­pidana dengan petugas pe­nga­manan sangat jauh. Kita berharap pada masa lenajut­nya hal ini bisa menjadi perhatian pihak yang ber­wenang,” jelasnya.(h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]