Salareh Aia Siap Helat Pilwanag


Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:00:21 WIB

Agam, Haluan — Nagari Sa­lareh Aia kecamatan Palem­bayan akan melakukan pemi­lihan Walinagari (Pilwanag) untuk menggantikan wali naga­ri lama Iron Maria Edi yang telah habis masa jabatanya, namun prosesnya belum dapat dimulai karena belum ada insruksi dari pemerintah kabu­paten Agam.

Menurut Pj wali nagari setempat Zulkifli Chaniago, masa tugas wali nagari lama telah berakhir awal bulan Juli 2016, untuk menggantikanya masyarakat kini menunggu proses pemilihan wali nagari baru. “Tetapi kapan dan bagai­mana mekanisme pemilihan wali nagari kita masih menung­gu petunjuk dan insruksi dari pemerintah kabupaten, sehing­ga panitia pemilihan juga belum bisa dibentuk”kata Zulkifli Selasa(2/8)kemarin.

Menjelang pemilihan se­jum­­lah nama tokoh mulai me­nga­pung untuk dicalonkan, di­antaranya mantan wali na­gari Iron Maria Edi sendiri yang baru sa­tu priode men­jabat wali naga­ri.

Sementara itu Kepala Bi­dang Perangkat dan Kelem­bagaan Nagari Badan Pem­berdayaan Masyarakat dan Pe­me­rintahan Nagari (BPMPN) Agam, Vila Erdi, mengatakan, tahapan pemilihan walinagari (Pilwana) serentak pada 22 nagari di Agam masih menung­gu klarifikasi peraturan daerah dari Gubernur Sumbar.”Perda tersebut telah diserahkan Juni 2016 lalu, kita berharap hasil klarifikasi itu dalam waktu dekat sampai di Agam, se­hingga proses Pilwana dapat dimulai”kata Vila Erdi.

Salareh Aia saat ini meru­pakan nagari terluas di keca­ma­tan Palembayan dengan jum­lah penduduk 20 ribu jiwa lebih.

Nagari Salareh Aia juga ter­masuk salah satu dari 23 nagari di Agam yang ber­pe­luang un­tuk melakukan peme­ka­ran.

Nagari yang terdiri dari 11 jorong itu, menurut wacana yang berkembang di tengah masyarakat akan dimekarkan menjadi tiga nagari, meliputi nagari dengan kawasan Koto Alam, Kayu Pasak dan Tapian Kandis. (h/ks)


 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 April 2016 - 13:07:53 WIB

    APBN Salareh Aia Prioritaskan Infrastruktur

    Agam, Haluan — Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari Salareh Aia, kecamatan Palembayan tahun 2016 sebesar Rp3 miliar diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan kampung, jembatan dan irigasi skala desa..
  • Ahad, 13 September 2015 - 18:42:16 WIB

    Masyarakat Salareh Aia Komit Desak PT PPR

    LANJUTKAN TUNTUTAN

    Agam, Haluan — Masyarakat Nagari Silareh Aia, Kecamatan Palembayan, bertekad bakal melanjutkan tuntutan mereka terhadap PT Perkebunan Pelalu Raya (PP.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]