Malalak Bisa Jadi Sentra Penghasil Gurame


Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:04:28 WIB
Malalak Bisa Jadi Sentra Penghasil Gurame Ilustrasi.

AGAM, HALUAN — Wilayah Malalak, Kabupaten Agam, pada masa mendatang bisa menjadi penghasil ikan gurame utama di Kabupaten Agam. Hal tersebut tidak lepas dari ketersediaan air yang melimpah di wilayah itu, dan keinginan kuat anak nagari untuk menjadi penangkar dan pembudi daya ikan gurame.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam, Ermanto mengata­kan, Malalak memiliki potensi pengem­bangan ikan gurami, pengembangannya tengah dipersipakan. Air sebagai modal dasar, melimpah di kecamatan itu. Selain itu, masyarakat juga menginginkan hal tersebut.

“Karena ikan gurame bernilai jual tinggi. Di sisi lain, belum ada kecamatan lain yang mengembangkan usaha tersebut secara besar-besaran. Sementara budi daya ikan nila dan mas majalaya, karena usaha tersebut sudah berkembang di Kecamatan Tanjung Raya. Oleh sebab itu, pengem­bangan gurame dinilai strategis,” katanya.

Dikatakan Ermanto, untuk mendukung keinginan tersebut pihaknya membantu pengadaan induk ikan gurame tahun ini. Di Malalak, nantinya akan ada pembenihan ikan gurame, sekaligus usaha budi daya ikan tersebut. Mudah-mudahan apa yang telah diupayakan sekarang terus ber­kem­bang, sehingga memberikan dampak yang bagus bagi masyarakat dan pembudidaya.

Camat Malalak, Harmezi mengatakan, semula mereka hanya ingin menekuni usaha pembesaran ikan gurame. Namun, atas saran pihak DKP Agam, mereka dibantu induk ikan, sehingga mampu menjadi pembenih ikan gurame. Dengan demikian, kesulitan benih ikan gurame bisa diatasi.

“Keinginan anak Nagari Malalak untuk mengembangkan usaha perikanan gurame, sudah cukup tinggi. Namun, realisasinya terganjal ketiadaan benih ikan. Namun, dengan adanya uluran tangan dari Pemkab Agam melalui DKP Agam, kini warga sudah memiliki semangat yang lebih kuat,” jelasnya. (h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 20:43:57 WIB

    Honsen Batangeh Malalak Tambah Fasilitas Terapi Kolam Ikan

    Honsen Batangeh Malalak Tambah Fasilitas Terapi Kolam Ikan AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pemandian Air Panas Honsen Batangeh Malalak menambah fish spa atau kolam terapi ikan, melengkapi fasilitas yang ada di lokasi pemandian air panas tersebut. .
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:41:12 WIB
    LONGSOR SUSULAN DAN KABUT TEBAL

    Jalur Malalak-Balingka Putus Total

    Jalur Malalak-Balingka Putus Total AGAM, HA­LU­AN — Kon­disi cuaca yang tidak kunjung membaik, me­nyebabkan terjadinya long­sor susulan pada se­jumlah titik di Jorong Limo Badak, Kenagarian Malalak Timur, Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Sampai Senin,.
  • Ahad, 10 Juli 2016 - 19:58:29 WIB

    Hindari Jalur Macet, Silakan Lewat Jalur Sicincin-Malalak yang Sepi dan Lancar

    Hindari Jalur Macet, Silakan Lewat Jalur Sicincin-Malalak yang Sepi dan Lancar MALALAK, HALUAN—Hari ini, Minggu (10/7), diprediksi sebagai puncak arus balik mudik. Khusus di Sumatera Barat jalan Padang-Bukittinggi terutama di kawasan Kayu Tanam dan Padang Panjang mengalami kemacetan panjang..
  • Sabtu, 04 Juni 2016 - 05:19:57 WIB

    Tiga Perampok di Malalak Ditangkap

    Tiga Perampok di Malalak Ditangkap BUKITTINGGI, HALUAN — Jajajaran Polres Bukittinggi berhasil menangkap tiga tersangka perampokan atau pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di kawasan Jorong Talago, Nagari Malalak Selatan, Kecamatan Malalak pada .
  • Kamis, 26 November 2015 - 19:10:06 WIB

    Malalak Kembali Terancam Longsor

    ALAT BERAT DAN OPERATOR DISIAGAKAN

    BUKITTINGGI, HALUAN — Setelah mengalami longsor pada Ra.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]