Kota Pariaman Gagal Lagi Raih Adipura


Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:05:30 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Kota pariaman, gagal lagi meraih Adipura tahun 2016, dengan kegagalan tersebut sudah tiga kali kota ini tak bisa meraih supremasi lambang kota terbersih tersebut sejak tahun 2014.

Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Kota Pariaman, Syaiful Rizal, menjawab Haluan Selasa (8/7), kita tahun 2016 ini tak dapat adipura, walau sudah dinilai oleh tim penilai.

Kegagalan demi kegagalan yang kita peroleh, bukan tidak dievaluasi, semua kegiatan di jalankan sesuai program, namun kita terbentur pada lokasi penge­lolahan sampah akhir di tungkal.

Luas areal kita sangat tidak memadai dan sistem yang dipakai belum sanitary lanvil, yang diterapkan sekarang adalah kontrol lanvil.”Kita harus tetap semangat mensosialisasikan soal kebersihan atau K3 ini kepada masyarakat untuk tetap saling dukung  atau bahu membahu, terutama di lingkungan tempat tinggalnya”, kata Syaiful Rizal.

Sementara Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar terkait gagalnya Kota Pariaman meraih Adipura tahun 2016, cuma tersangkut soal Tempat Pengolahan Sampah.

Tempat pengolahan sampah akhir di Kota Pariaman sampai kini masih belum memadai baik luas lahanya maupun sistem yang dipakai dalam pengolahan sampah disana belum sanitary lanvil dan lagi luasnya belum 10 hektar.

Pemerintah Kota Pariaman bermaksud akan memperluas lahan dengan cara membeli lahan untuk menambah luas tempat pengolahan sampah tersebut.

Namun ketika pemerintah akan membeli lagi, ternyata harganya sudah tidak seperti dulu, sudah mulai tinggi, tidak sesuai dengan harga yang dipatok pemko, makanya ke depan, kita akan coba sesuaikan lagi dan kita minta masyarakat mendukungnya.

Disisi lain soal penanganan kebersihan di kota pariaman Genius menilai sudah cukup baik, petugas kita di lapangan bekerja cukup giat, namun persoalan yang kita hadapi sekarang adalah tempat pengolahan sampah akhir perlu lagi ditingkatkan pembenahanya, termassuk tentang lahan.”Pemerintah akan coba tangani persoalan itu secara bertahab”, jelas Genius. Mudah-mudahan ke depan kita berhasil mendapatkan supremasi kota terbersih yang ditandai meraih piala Adipura. (h/tri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]