SMA 1 BUKITTINGGI JUARAI LOMBA MUSIKALISASI PUISI

Pekan Sastra dan Pekan Bahasa Dibuka


Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:12:09 WIB
Pekan Sastra dan Pekan Bahasa Dibuka PARA juara Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SLTA yang diadakan Balai Bahasa Sumatra Barat berfoto bersama Kepala Balai Bahasa Sumbar dan panitia acara, Selasa (2/8). (YOLA SASTRA)

PADANG, HALUAN — Pekan Sastra dan Pekan Ba­hasa yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Sumatra Barat (Sumbar) resmi dibuka, Se­lasa (2/8). Kedua pekan tersebut diadakan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa 2016.

Kepala Balai Bahasa Sum­bar, Agus Sri Danardana, mengatakan kegiatan tersebut di­adakan atas dasar kere­sahan terhadap globalisasi yang semakin menjadi-jadi.

“Dengan adanya ke­giatan-kegiatan seperti ini, se­tidaknya kami mengingatkan bahwa ada yang berbeda dan kita harus menyukurinya. Saya sedih bila orang Minang tidak bangga dengan ke-Mina­ngan­nya. Bagaimana pun kita harus bangga dengan identitas sendiri. Saya sendiri bangga dengan ke-Jawaan saya,” ujar pria asal Kabu­paten Sragen, Jawa Tengah itu.

Total ada 12 lomba yang dilaksanakan pada kedua pe­kan itu yang terbagi atas enam lomba per tiap pe­kannya. Lomba-lomba yang diadakan pada Pekan Sastra, yaitu Lom­ba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SLTA (2 Agustus), Lomba Ber­den­dang Pantun untuk Umum (3 Agustus), Lomba Membaca Cerita Rak­yat bagi Guru SD (4 Agustus), Lomba Berbalas Pantun untuk Ma­hasiswa (5 Agustus), Lom­ba Baca Puisi untuk Siswa SLTP (6 Agus­tus), dan Lomba Men­do­ngeng bagi Guru TK/PAUD (7 Agustus).

Sementara itu, lomba yang diadakan pada Pekan Bahasa, yaitu Lomba Cerdas Cermat bagi Siswa SLTA (11 Agustus), Lomba Pewara Lembaga/Instansi Pe­me­rin­tah (12 Agustus), Pe­mi­lihan Duta Bahasa (13 Agustus), Lomba Mengajar bagi Guru SD (14 Agustus), Debat Ber­ba­hasa Indonesia bagi Mahasiswa (15 Agustus), dan Lomba Pidato bagi Siswa SLTA (16 Agustus).

Setelah pembukaan acara, Lomba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA mengawali rang­kaian kegiatan kedua pekan tersebut. Sebanyak 14 SMA se-Sumatra Barat ber­par­tisipasi dalam lomba ter­sebut. SMA Negeri 1 Bu­kittinggi pun keluar sebagai juara pertama lomba itu. Juara kedua, ketiga, harapan satu, dan harapan dua berturut-turut diraih oleh MAN 2 Padang, SMA 1 Gunung Ta­lang, INS Kayu Tanam, dan SMA 5 Padang. (h/mg-sas)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]