BAHAS RANPERDA INISIATIF

Empat Pansus Studi Banding ke Luar Provinsi


Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:14:03 WIB

PADANG, HALUAN — Un­tuk melanjutkan pem­bahasan empat Ranperda inisiatif, empat Panitia Khu­sus (Pan­sus) DPRD Kota Padang yang dibuat dalam sidang paripurna melakukan kun­jung­an kerja dan studi banding ke berbagai daerah di Indonesia, mulai Selasa (2/8) hingga Sabtu (6/8).

Keempat pansus itu yak­ni, Pansus I yang membahas Ranperda Pelayanan Publik melakukan kunker ke Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. 

Pansus II yang mem­bahas, Ranperda Inisiatif Ketahanan Pangan kunker ke berbagai kementrian di Jakarta. 

Pansus III yang mem­bahas, Ranperda Inisiatif Kawasan Hijau melakukan kuker ke Kota Solo dan Pan­sus IV pembahasan Ranperda Inisiatif Pariwisata melak­sanakan Kunker ke Kota Bandung dan Garut.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Pu­tra  Selasa (2/8) mem­benarkan,  

kunjungan kerja keempat Pansus itu dalam rangka memperkaya pemahaman anggota DPRD Padang da­lam pembahasan empat Ran­perda Inisiatif itu.

“Mulai Selasa hingga Sabtu,  empat pansus mela­kukan kunker dan studi ban­ding untuk mencari masukan dalam pembahasan Ranperda Inisiatif nantinya,” katanya.

Dijelaskan, keempat pan­­sus itu memilih daerah yang akan dikunjungi karena di daerah tersebut sudah ada Perda terkait yang akan di­jadi­kan perbandingan. 

Seperti Perda tentang pelayanan publik,  akan di­nilai sangat penting karena pelayanan publik kepada masyarakat selama ini belum sesuai dengan harapan tun­tutan masyarakat, dan adanya deskriminasi yang dilakukan oknum-oknum tertentu. 

“Dengan adanya nantinya perda pelayanan publik, SK­PD terkait dapat memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dapat ber­pe­doman kepada perda ter­sebut,” katanya.

Anggota Pansus II DPRD Kota Padang Masrul menya­ta­kan, Pansus II akan mela­kukan konsultasi ke berbagai kementrian  seperti, ke­men­trian kesehatan, pertanian dan lainnya untuk mendalami persoalan pangan, mulai dari ketersediaan, kesehatan hing­ga kehalalannya.

Dengan adanya kunjugan itu, ia  berharap akan mem­per­kaya wawasan anggota DPRD Kota  Padang dalam pembahasan keempat Ran­perda itu nantinya sehingga benar-benar bermanfaat un­tuk pembangunan dan ma­sya­rakat Kota Padang. (h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]