JELANG TDS 2016

Tak Ada Gempita di Payakumbuh


Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:15:33 WIB
Tak Ada Gempita di Payakumbuh Logo Tour de Singkarak

PAYAKUMBUH, HALUAN — Empat hari menjelang digelarnya Tour de Singkarak (TdS) 2016 ini, suasana di Kota Payakumbuh yang me­n­jadi finish etape per­tama balapan internasional ter­sebut, masih terlihat biasa-biasa saja dan  belum muncul tanda-tanda akan digelarnya balapan sepeda tersebut.

 Tidak seperti tahun lalu, sepekan menjelang di­gelar­nya TDS, suasa sudah mulai terasa hangat. Tak hanya menjadi topik pembicaraan di warung dan kedai-kedai kopi,  suasana pada 2015 lalu juga dirasakan dari ting­gi­nya  antusias warga untuk menyambut TDS tersebut.

Tetapi tahun ini, meski Kota Payakumbuh masuk dalam etapi pertama ma­lahan warga terkesan acuh dan cuek saja. Begitu juga, TDS juga tidak berpengaruh terhadap masyarakat Kota Paya­kum­buh. “Bilo TDS tu dimulai  kawan? (Kapan TDS digelar kawan),”tanya Doni salah seorang pemda yang melintas di Kota Paya­kumbuh.

Begitu juga yang di­kata­kan Rahmad salah seorang pemuda yang berada di pusat kota. Ia mengaku tidak me­nge­tahui Kota Payakumbuh menjadi finish etape pertama TDS tahun  ini. Ucapnya, pada tahun lalu, jauh-jauh hari sebelum digelarnya TDS tersebut, iven balapan se­peda internasional tersebut sudah berdengung di te­ngah-teng­ah masyarakat. Tak hanya bagi warga kota saja, melain­kan berdengung sampai ke kampung-kampung.  

Kurang gairahnya TDS tahun ini diperparah dengan tidak melibatkan siswa di se­ko­lah. Kepala Dinas Pen­didikan Kota Paya­kumbuh, Hasan Basri mengakui be­lum ada pem­bicaraan khu­sus de­ngan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Paya­kumbuh dalam penyam­butan TDS kali ini.

“Tahun lalu, sepekan se­bel­um TDS, berbagai hal teknis penyambutan sudah kita bi­cara­kan. Tetapi TDS saat ini, belum ada pem­bi­ca­raan khu­sus dengan SKPD yang ber­sang­kutan,”ucap Hasan Basri.

TDS tahun-tahun sebe­lumnya, ucap Hasan Basri, selalu melibatkan siswa Kota Payakumbuh. Seperti untuk mengisi kegiatan kesenian berupa tari dan lain se­bagai­nya. Rencana penyambutan seperti itu, ucapnya lagi, dibicarakan dengan SKPD terkait jauh-jauh hari se­belum digelarnya TDS.

“Siswa tidak lagi di­libatkan untuk TDS tahun ini. Mana lagi persiapan siswa sedangkan jadwal TDS tinggal hitungan hari la­gi,”ucap Hasan Basri Kepala Dinas Pendidikan Kota Pa­ya­­ku­mbuh. Kota Paya­kum­buh menjadi finis pada eta­pe pertama yang star di Kabupaten Solok pada 6 Ag­u­s­tus mendatang.  Dan men­jadi rute pada etape ke dua yang star di Kabupaten Lima­puluh Kota pada 7 Agustus mendatang. (h/ddg)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]