MTQ NASIONAL DI NTB

Sumbar Buka Peluang Emas


Rabu, 03 Agustus 2016 - 11:16:48 WIB

MATARAM, HALUAN – Harapan Sumbar untuk mengumpulkan emas pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVI Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) terbuka lebar. Hal ini dibuktikan dengan masuknya beberapa kafilah Sumbar ke final dalam beberapa cabang perlombaan.

Di antaranya pada cabang khat dekorasi putra yang diwakili Ade Setiawan dan cabang Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) yang diwakili Mira Putri Dewi, Sitti Ainur Rahim, dan Weni Afri Rahma. Hasil terbaik ini juga disusul oleh Fadhilatul Nisa yang masuk semifinal cabang Menulis Makalah Ilmua Quran (M2IQ).

Pendamping Kafilah Sumbar yang juga Kepala Bagian Agama di Biro Bina Sosial (Binsos) Setdaprov Sumbar, Jumaidi, kepada Haluan mengatakan untuk hasil pada cabang lainnya yang masih bertarung di semifinal seperti tahfiz 10 juz putra, tahfiz 1 juz tilawah putri hasilnya belum diumumkan.

“Untuk final khat akan dipertandingkan pada Rabu (Hari  ini, red). Sementara untuk syarhil pengambilan maqra Rabu dan pertandingannya baru akan digelar Kamis,”terangnya.

Kepala Biro Bina Sosial Sekretariat Provinsi Sumbar, Syahril B, menyebutkan, untuk target Pemprov Sumbar berharap kafilah Sumbar terus berada pada lingkaran 10 besar. Namun, diharapkan hasilnya jauh lebih baik dari itu.

Untuk diketahui, pada Selasa (2/8), tujuh kafilah Sumbar juga kembali berlaga di antaranya, Ahmad Luthfi Yahya yang turun pada cabang tilawah anak-anak putra, Roni Satri Rahman yang turun pada qiraat Quran Putra, Nur Al Rahmah cabang tahfidz 10 juz putri. Kemudian, tilawah remaja putra atas nama Rafi Mulya Darmendra, dan tilawah remaja putri diwakili Dani Rahman.

 

Siapkan Bonus

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar meminta agar Pemprov Sumbar bisa me­nyiapkan bonus untuk kafilah yang meraih juara pada Musa­baqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bonus ini diharapkan menjadi pendongkrak semangat bagi kafilah dalam berkompetisi.

Ketua Komisi V Bidang Pen­didikan, Apris, dihubungi Haluan dari Mataram, NTB Selasa (2/8), siang mengatakan DPRD mendorong Pemda untuk bisa menganggarkan bonus bagi ka­filah yang berprestasi.

“Sebenarnya ini hampir sama dengan pemberian bonus untul atlet. Mereka telah berjuang dengan maksimal untuk memberi yang terbaik bagi Sumbar. Jadi, ini perlu diapresiasi,”tukasnya.

Bonus ini ujar Apris, dapat dianggarkan pada Anggaran Pen­dapatan Belanja Daerah Peru­bahan (APBD P) 2016. “Kita mendorong agar bisa dianggarkan di APBD 2016,”tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi V DPRD Sum­bar, Hidayat. Menurutnya Sumbar patut berbangga dengan tam­pilnya kafilah asal Ranah Minang di ajang MTQ Nasional XXVI di NTB. Apalagi lanjut Hidayat, dengan majunya beberapa kafilah Sumbar ke semifinal dalam ajang bergengsi tersebut.

“Kami sangat bangga dengan raihan ini. Kami terus berdoa agar para kafilah bisa memberikan hasil yang terbaik dan diberikan kekuatan lahir dan batin. Ter­penting terus lah berlatih dan jaga konsentrasi,”pungkasnya.

Lanjut Apris, Komisi V juga berpesan agar para kafilah untuk tetap menjaga kesehatan selama di NTB. “Jangan sampai sakit dan tetap jaga pola makan,”tukasnya.

Terkait dengan bonus untuk kafilah, sebelumnya Pemprov Sumbar menyatakan telah me­nyiapkan bonus untuk kafilah Sumbar yang berlaga di MTQ Nasional Bonus ini rencananya akan diberikan selesai MTQ.

Wakil Gubernur Sumbar, Nas­rul Abit, ditemui Haluan Minggu (31/7) di sela pertemuan dengan kafilah dan perantau di Grand Legi Hotel Mataram, NTB waktu itu mengatakan Pemprov Sumbar memang telah menyiapkan bonus untuk kafilah terbaik nantinya. Hanya saja untuk besarannya kata Wagub masih belum bisa di­sebutkan karena masih rahasia.

“Untuk besarannya saya belum bisa sebutkan, bonus pasti ada. Kita sudah siapkan,”katanya.

Untuk target kata Wagub, Pemprov Sumbar tidak ingin menetapkan terlalu tinggi, karena ditakutkan nantinya akan mem­bebani para kafilah. Namun de­mikian, kafilah tetap diminta untuk memberikan yang terbaik dalam MTQ Nasional NTB ini untuk mengharumkan nama Sumbar.

“Masuk 10 besar saja itu sudah cukup. Yang penting beri­kan hasil terbaik,”ujarnya.

Untuk diketahui ada 42 kafi­lah Sumbar yang berlaga dalam ajang MTQ Nasional ini. Turun dalam berbagai cabang perlom­baan kontingen  Sumbar optimis bisa memperoleh hasil terbaik.

Ketua Kontingen MTQ Sum­bar yang juga Kepala Biro Bina Sosial Setdparov Sumbar, Syahril B, mengatakan pada MTQ sebe­lumnya Sumbar selalu dalam posisi lima besar. Hal ini tentu memberikan gambaran bahwa Sumbar menjadi pesaing terberat bagi 33 provinsi lainnya. (h/isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]