Pessel Bakal Jadi Pemasok Sapi Kurban Terbesar Sumbar


Rabu, 03 Agustus 2016 - 16:43:27 WIB
Pessel Bakal Jadi Pemasok Sapi Kurban Terbesar Sumbar Budeng (40), salah seorang peternak sapi di Koto Rawang, Lengayang saat membawa ternaknya ke Pasar Ternak Lengayang.

PAINAN, HALUAN -- Tidak berapa lama lagi Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah / 2016 H segera datang. Berkenaan dengan itu, kebutuhan akan sapi untuk ibadah kurban diperkirakan meningkat. Menjelang Idul Adha tidak kurang 50-an sapi dikirim ke luar daerah setiap hari.Sapi asal Pessel tiap tahun diburu warga luar daerah untuk hewan qurban Idul Adha.

Kepala Dinas Peternakan setempat Nuzirwan, Rabu (3/8) menyebutkan, berdasarkan catatan petugas peternakan di perbatasan, aktivitas pengangkutan ternak sapi asal Pessel meningkat empat hingga lima kali lipat dari hari biasanya menjelang Idul Adha.

Dikatakannya, meski mobilisasi sapi terbilang besar menjelang Idul Adha tidak akan mengganggu persentase populasi sapi di Pesisir Selatan. “Populasi yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban dalam daerah, dan untuk memenuhi kebutuhan pasar diberbagai daerah di Sumatera Barat,” katanya. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]