Kualitas Buruk, Warga Bintan Timur Kembalikan Raskin


Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:09:19 WIB
Kualitas Buruk, Warga Bintan Timur Kembalikan Raskin Ilustrasi.

BINTAN, HALUAN — Warga dari kelurahan yang ada di Kecamatan Bintan Timur, berbondong-bondong menenteng karung beras untuk mengembalikan beras miskin (raskin) yang dibagikan dari pihak Kelurahan Gunung Lengkuas dan Kelurahan Sei Lekop. Pasalnya, raskin yang selama ini dijual dengan harga murah kepada masyarakat itu kualitasnya buruk alias tak layak konsumsi.

Kejadian seperti ini bu­kan kali pertamanya terjadi, bahkan sudah beberapa kali. Sehingga, warga menilai, kalau pemberian beras murah kepada masyarakat tak mam­pu dilakukan seenak hati tanpa memikirkan kualitas beras itu sendiri.

“Jangan mentang-men­tang mu­rah, beras yang diba­gikan ke­pada masyarakat kualitas se­per­ti ini. Kami manusia, loh,” ujar warga, Ahmad, Selasa (2/8). Ia berharap, raskin yang dibagikan kepada masyarakat tak mampu bisa layak kon­sumsi, sehingga masyarakat bisa terbantu dengan adanya program raskin seperti ini.

Kritikan tak hanya dari warga sebagai penerima ras­kin, salah seorang anggota DPRD Bintan, Hasriawady juga ikut berkomentar me­nyikapi beras raskin yang tak layak konsumsi. Menurut pria yang akrab disapa Gentong, pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) mestinya lebih se­lektif sebelum mendistri­busikan beras raskin kepada masyarakat melalui pihak pemerintah setempat.

“Kalau mau distribusikan raskin untuk warga miskin itu Bulog harus memperhatikan kualitas berasnya dulu. Ja­ngan sampai beras sudah sampai ke warga terus harus dikembalikan lagi karena tak layak dikonsumsi. Berasnya hitam, berkutu dan berdebu kayak gini. Macam mana mau dimasak untuk di ma­kan,” ujar Gentong.

Wakil rakyat yang lahir dari daerah pemilihan III Bintan Timur itu juga me­minta kepada pihak Bulog sebagai penyalur beras murah bisa melakukan perbaikan kerja dalam menyalurkan beras murah kepada ma­syarakat khususnya yang ada di Bintan. Terlebih lagi, kejadian seperti ini bukan kali pertamanya terjadi, sehingga sudah seharusnya bisa men­jadi bahan evaluasi kepada pihak Bulog ke depan.

“Semoga saja ke depan tidak ada lagi kejadian seperti ini, kalau begini, kan, warga juga yang dirugikan,” pin­tanya.

Sementara itu, Plt Lurah Gunung Lengkuas Ivan Golar Riadi menyatakan, raskin yang dikembalikan oleh war­ganya karena kualitasnya buruk akan segera diganti oeh pihak Bulog. “Kita sudah memberitahukan kepada set­iap RT agar segera mengem­balikan beras yang tidak bagus kualitasnya, dan digan­tikan dengan yang baru,” kata Ivan.

Menurutnya, warga pe­nerima beras raskin di Kelu­rahan Gunung Lengkuas, sebanyak 70 karung. Saat ini Kelurahan masih menunggu dari beberapa RT yang akan mengembalikan raskin tak layak konsumsi untuk diganti dengan yang baru. (h/cw95)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 08:26:53 WIB

    Rasanya Kualitas Dunia! Ini Dia Durian Paling Enak di Festival Durian Kubang 2020

    Rasanya Kualitas Dunia! Ini Dia Durian Paling Enak di Festival Durian Kubang 2020 SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Durian Songgan milik Dewi dari Dusun Sumpahan Desa Kubang Utara Sikabu Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto meraih juara 1 pada Festival Durian Kubang, Sabtu 15 Februari 2020 di Lapangan Kampung.
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:02:19 WIB

    Disnakertransduk Riau: Anggarkan Rp30 M untuk Peningkatan Kualitas SDM

    Disnakertransduk Riau: Anggarkan Rp30 M untuk Peningkatan Kualitas SDM Pekanbaru, Haluan — Ke­pala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kepen­du­du­kan (Disna­ker­tran­s­duk) Pro­vinsi Ri­au, Rasidin, sebut ada­kan pelatihan dalam rangka pe­ningkatan kualitas Sumber Daya M­anusia (.
  • Selasa, 03 Mei 2016 - 02:51:49 WIB

    Peningkatan Kualitas Pendidikan Perlu Sinergisitas

    BENGKALIS, HALUAN — Bupati Beng­kalis, Amril Mukminin menga­takan, keber­hasilan pembangunan dan peningkatan kualitas pendidikan membutuhkan si­nergisitas antar ber­bagai komponen dan kesepahaman visi seluruh pemangku .
  • Ahad, 03 Mei 2015 - 18:08:56 WIB

    Disdikbud Riau Pacu Peningkatan Kualitas SDM

    PERINGATAN HARDIKNAS 2015

    PEKANBARU, HALUAN — Momen Hardiknas tahun 2015, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau akan berupaya untuk memacu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]