Pasbar Optimis Raih WTN Tahun 2016


Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:11:00 WIB

Simpang Empat, Haluan — Kabupaten Pasaman Barat optimis meraih Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun ini. Penghargaan bergensi itu diberikan kepada daerah yang taat lalu lintas dan angkutan jalan.

Bupati Pasbar, Syahiran, melalui kepala Dinas Perhu­bungan Komunikasi dan Infor­masi, Bobby Perdana Riza kemarin menyebutkan peni­laian oleh Kementerian Perhu­bungan sudah selesai dilaku­kan. Ada beberapa aspek yang dinilai diantaranya seperti sarana dan prasarana termasuk angkutan.

“Kita punya delapan unit bus sekolah. Itu menjadi nilai jual, ternyata mendapat apre­siasi dari Kementerian karena bus sekolah itu merupakan bantuan dari kementerian Da­lam Negeri,” papar Bobby Perdana Riza.

Dia menambahkan, peni­laian juga dilakukan terhadap prasarana seperti rambu-ram­bu, Zebracros, terminal, trotoar, marka jalan, serta kedispilinan penggunan jalan. Tim penilaian sudah melakukan krosek ke lapangan. “Kita optimis bisa merai WTN. Tahun lalu kita meraih plakat WTN sebab meraih piala WTN itu butuh sarana dan prasarana yang memadai,” terang Bobby.

Menurutnya, penilaian WTN akan diumumkan pada 17 Sep­tember mendatang. Untuk pe­nilaian ruas jalan diantaranya dila­kukan di bun­daran Simpang Em­pat. Dia melanjutkan peng­har­gan Wa­hana Tata Nugraha yang dip­ra­karsai Kementerian Per­hu­­bungan itu diberikan pe­me­rintah pusat kepada daerah yang mampu menata Trans­por­tasi publik dengan baik. Peni­laian dilakukan atas kate­gori Kota Metropolitan , Kota Besar, Kota Sedang dan Kota Kecil.

Dia mengulas tujuan dari WTN itu sejatinya adalah agar pemerintah daerah menyiapkan fasilitas-fasilitas umum berupa halte, rambu- rambu lalulintas yang memadai, marka jalan, trotoar bagi pejalan kaki dan fasilitas umum lainnya supaya adapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. (h/rel/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]