DPRD Tanah Datar Dukung Program KMNS


Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:14:21 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Anggota DPRD Tanah Data Afrizal Moetwa men­dukung program Kampung Minang Nagari Sumpur (KMNS) yang terletak di pinggiran utara Danau Singkarak, Kecamatan Bati­puh Selatan.

Kami mendukung program Kampung Minang Nagari Sumpur untuk mem­bangkitkan kembali tradisi adat dan seni budaya lokal sehingga mampu meng­gairahkan sektor pariwisata di Tanah Datar,” katanya di Batusangkar, Senin lalu.

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini mengharapkan anak nagari bersama para perantau Sumpur dapat bahu membahu membangun kampung halaman. “Dewan menyambut baik niat masyarakat bersama perantau untuk merajut masa depan Nagari Sumpur, ini perlu kebersamaan dan kerja keras kita semua tanpa mengabaikan aturan-aturan yang ada,” tambahnya.

Ia mengemukakan Nagari Sumpur yang berada di pinggir Danau Singkarak me­miliki budaya dengan berbagai atraksi kesenian, banyak rumah gadang dengan pernak-pernik di dalamnya, alam yang indah dengan Danau Singkarak, Batang Air Sumpu, serta punya alek Pacu Biduak.

Ia juga mengapresiasi hasil lokakarya yang telah dilaksanakan pada 27 dan 28 Juli 2016 di Nagari Sumpur menjadi daerah pusat pengembangan Danau Singkarak yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Sementara Bupati Tanah Datar, Ir­dinansyah Tarmizi juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang peduli terhadap pelestarian budaya Minangkabau terutama pembangunan kembali rumah gadang di Nagari Sumpur.

“Nagari Sumpur terkenal dengan ma­kanan khas kuliner Pangek Sumpu dan punya banyak rumah gadang,” katanya. (h/emz)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]