Teroris Regional Terkoneksi dengan ISIS


Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:35:51 WIB
Teroris Regional Terkoneksi dengan ISIS Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian.

JAKARTA, HALUAN — Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian menyebut jaringan teroris di kawasan Asia Tenggara telah terkoneksi dengan kelompok teroris global.  Indikasinya bisa dilihat dari kesamaan karakter dalam sejumlah aksi teror di negara-negara Asia Tenggara dengan aksi teror kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Terorisme sekarang ini ke­mungkinan koneksi regio­nalnya sudah terbentuk, terutama de­ngan kelompok pendukung ISIS," kata Tito saat ditemui di kantor Kemko Polhukam, Ja­karta Pusat, Rabu (3/8).

Aksi teror di beberapa ne­gara te­­tangga seperti aksi pe­nge­bo­man oleh kelompok te­roris di Ma­­laysia dan Thailand, memiliki ka­­rak­teristik yang sama dengan pe­­ristiwa penge­boman di Indo­nesia.

Di Indonesia, kata Tito, rang­kaian aksi teror mulai dari pe­ngeboman di Thamrin, Ja­karta, aksi bom bunuh diri di Solo, dan rencana pengeboman di Surabaya dilakukan oleh kelompok pen­dukung ISIS.

Aksi teror tak hanya dila­kukan dengan cara pengeboman. Di Filipina, aksi perompakan oleh kelompok Abu Sayyaf masih berlangsung hingga kini. Sepuluh warga negara Indonesia masih disandera di Filipina Selatan. Ada pula warga negara asing yang ikut disandera ke­lompok Abu Sayyaf yang me­miliki keterkaitan dengan ja­ringan ISIS.

"Ini semua kemungkinan be­sar ada koneksinya. Sehingga kita semua perlu bangkit secara region Asia Tenggara," ujar Tito.

Pandangan mengenai tero­risme dan upaya melawannya akan dipaparkan Tito sebagai pem­bicara kunci dalam acara In­ternational Meeting on Coun­ter-Terorism di Bali, Rabu (10/8) pekan depan. Pertemuan yang melibatkan sejumlah negara dunia itu akan membahas kerja sama antar-negara terkait upaya pem­berantasan terorisme.

"Saya sendiri nanti akan men­jadi keynote speech dalam satu acara dinner, bagaimana saya menjelaskan terorisme sekarang ini," tutur Tito. (h/cnn)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]