3.742 Pencaker Hingga Juni


Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:52:20 WIB

PADANG, HALUAN- Sejak Januari hingga Juni 2016, jum­lah pencari kerja di Kota Padang Sumatera Barat tercatat 3.742 orang. Berdasarkan data dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Din­sosnaker) Kota Padang,  pelamar yang paling banyak adalah ting­kat SMA 1.989 orang.

Diikuti Sarjana (S1)dengan jumlah pelamar 1.207 orang. Diploma sebanyak 348 orang, SMP sebanyak 166, dan  tingkat SD sebanyak 13 orang.

Amrizal, S. H, Kabid Pen­talatas Dinsosnaker mengatakan bahwa jumlah pencari kerja tahun 2015 lebih banyak diban­dingkan tahun 2016 sekarang.

“Hal ini dikarenakan, pada tahun sebelumnya ada beberapa perusahaan yang membutuhkan banyak pekerja. Selain itu, banyak juga lowongan pekerjaan yang iklannya masuk ke Din­sosnaker,” terang Amrizal.

Ia mengatakan, bahwa untuk mengurangi tingkat pengang­guran di Kota Padang, Din­sosna­ker akan mengadakan Job Fair tanggal 9 Agustus hingga 10 Agustus di G Sport Center, Gunung Pangilun, Padang.

Yose Rizal, SE, Kasi Penem­patan Tenaga Kerja juga menam­bahkan bahwa akan ada 1.100 jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh 40  perusahaan yang be­ro­perasi di dalam dan luar Suma­tera Barat.

Ia mengatakan dengan ada­nya  bursa kerja kali ini akan banyak pencari kerja yang da­tang serta memenuhi aplikasi, seperti melengkapi seluruh prasarat yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan.

“ Program  ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada semua pencari kerja, sehingga dengan banyaknya pelamar yang memasukkan lamaran pekerjaan ke peru­sahaan yang diinginkan dapat mengurangi pengangguran di Kota Padang,” kata Yose

Ditambahkannya lagi,  bah­wa pada bursa kerja tahun se­belumnya ada 6.000 yang datang untuk mencari kerja dan sekitar 50 persen yang meme­nuhi apli­kasi dalam acara tersebut.

Bagi pelamar yang melamar kerja melalui Dinsosnaker akan diberikan job konseling  atau pengarahan.

Selain itu, juga membantu mereka untuk memilih jenis pekerjaan yang cocok dengan dirinya dan perusahaan yang dituju.

Yose menerangkan, bahwa Dinsosnaker Kota Padang meru­pakan yang terbaik dari segi pelayanan. Hal ini dibuktikan dengan mendapat piagam dan bersitifikasi ISO 9001:2008.

“ Memberikan pelayanan yang baik kepada setiap pelamar merupakan kewajiban kami, baik dari informasi maupun kepastian lowogan pekerjaan ,” kata Yose menambahkan. (h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]