Ujicoba Ulang, Railbus Bermasalah Lagi


Kamis, 04 Agustus 2016 - 05:00:04 WIB
Ujicoba Ulang, Railbus Bermasalah Lagi LOKOMOTIF Kereta Api Sibinuang yang sedang parkir di Stasiun Kayu Tanam setelah mendorong Railbuss Kereta Real Diesel Elektrik (KRDE).

PADANG, HALUAN – Uji coba jalur kereta api Lubuk Alung – Kayu Tanam yang dilakukan kembali oleh PT KAI Divre II Sumatera Barat kembali me­ngalami masalah setelah Kereta Real Diesel Elektrik (KRDE) yang digunakan kehilangan tenaga dan tidak bisa lagi melaju di Lubuk Alung, Kabu­paten Padang Pariaman, Rabu (3/8). Usaha perbaikan yang di­laku­kan oleh teknisi sia-sia dan akhirnya terpaksa harus dido­rong oleh lokomotif Sibi­nuang yang didatangkan dari Kota Padang.

Sebelum kehilangan tenaga, Kereta yang bermesin diesel ini berjalan mulus tanpa ada gang­guan semenjak berangkat dari kantor PT KAI  Simpang Haru, Kota Padang pukul 10.15 WIB. Namun, sekitar pukul 12.30 WIB, Kereta ini mogok di Pasar Kasang, Kabupaten Padang Pariaman.

Tak lama mesin didiamkan, kereta kembali berjalan. Keja­dian serupa terus berulang hingga lima kali da­lam jarak berdekatan sampai akhirnya kereta tidak bisa lagi melaju.

Teknisi yang memperbaiki kerusakan Kereta Real Diesel Elektrik (KRDE) menyerah setelah berusaha selama dua jam. Akhirnya memilih untuk mendatangkan lokomotif Kere­ta Api Sibinuang untuk men­dorong Railbuss hingga ke stasiun Kayu Tanam.

 ”Kendala yang kami temui saat uji coba kali ini berasal dari Kereta Railbuss. Pembuangan angin masih menjadi faktor kereta mogok. Jadinya, kami terpaksa untuk meminta bantuan dari Kantor mendatangkan lokomotif Sibinuang untuk mendo­rong­nya,” kata Kepala Kantor PT KAI Divre II Sumbar, Shulton Has­sanudin, kemarin.

Diakuinya, mogoknya kereta ini memang kelalaian dan belum maksimal usaha dari para teknisi untuk memperbaiki kereta. Pada­hal persoalan mogok Railbuss ini juga menjadi catatan penting pada uji coba pertama, Selasa (12/7) kemarin.

“Kereta ini sudah kami per­baiki sebelum di uji coba kali ini. Mungkin karena belum maksi­mal, akhirnya kejadian mogok seperti ini terulang lagi,” kata Shulton.

Setelah didorong lokomotif Sibinuang, perjalanan ber­lang­sung lancar hingga stasiun. Besi jembatan yang sempat meng­halangi Railbuss pada uji coba pertama kali, sudah dipindahkan posisinya. Kondisi bantalan rel yang awalnya dicemaskan, ter­nyata tidak mengalami masalah sepanjang perjalanan.

“Besi jembatan yang melin­tang di Nagari Lubuk Pandan Balai Satu, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman kemarin sudah diatasi. Termasuk kondisi rel yang awalnya kami cemaskan, ternyata layak untuk dilewati. Untuk uji coba perlintasan, kami berhasil. Tinggal memperbaiki keretanya saja,” tuturnya.

Sebelumnya, uji coba Rail­buss Kereta Real Diesel Elektrik (KRDE) jalur Lubuk Alung-Kayu Tanam pertama kali, Selasa (12/7) silam mengalami kegagalan karena terhalang sebuah besi yang melintang di jembatan Nagari Lubuk Pandan Balai Satu, Kecamatan 2x11 Enam Ling­kung, Kabupaten Padang Paria­man dan harus memaksa rombo­ngan balik arah ke Kota Padang.

Selain itu, selama diperjalanan kereta mengalami mogok bebe­rapa kali dan AC di gerbong pertama dan kedua mati. Mogok­nya kereta Railbuss ini diduga akibat jarang dihidupkan dan dipakai, kareta itulah pembua­ngan angin kereta menjadi ter­ganggu.  (h/mg-ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 September 2016 - 10:07:15 WIB

    Pagi Ini, Sirena Tsunami Diujicoba

    PADANG, HALUAN – Simulasi bencana tsunami kembali digelar pagi ini, Rabu (7/9/2016) pukul 10.00 WIB. Hal ini juga terkait dengan pelaksanaan Indian Ocean Wave Exercise (IOWave) 2016 di Kota Padang.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]