Tumpukan Material di Kelurahan Laing Solok Membahayakan


Kamis, 04 Agustus 2016 - 11:08:51 WIB

SOLOK,HALUAN — Tumpukan material untuk peningkatan kapasitas jalan yang menghubungkan Kelurahan Laing dengan Kelurahan Tanjung Paku Kota Solok sangat membahayakan pengendara kendaraan bermotor, terutama kendaraan roda dua.

Setidak-tidaknya dalam dua hari terakhir telah menyebabkan tiga kendaraan roda dua terpeleset di jalan ini dan semua pe­ngen­daranya terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Tidak hanya itu,tumpukan material dan tumpukan mesin pengaduk semen yang ditarok serampangan itu, juga menyebabkan perkelahian antara kuli dengan pengendara kendaraan bermotor dan nyaris berakhir dengan perkelahian masal.

“Sudahlah jalannya sempit,PT Arpex Primadhamor menumpuk material pasir dan kerikil sampai menutupi ¾ badan jalan. Kemudian mesin pengaduk semen dan gallon air ditumpuk di tengah jalan secara seram­pangan. Kondisi jalan yang semraut ini telah menyebabkan beberapa kali kecelakaan dan meresahkan warga,”ujar Ketua ormas Projo Kota Solok,Dafrizal Buchari,di Solok,Rabu (3/8) .

Lebih jauh ia me­ngungkap­kan,ke­marin, Selasa (2/8) terjadi gesekan antara kuli yang mengerjakan jalan dengan salah seorang pengendara motor. Ketika itu pengendara mengeluhkan sempitnya jalan dan banyaknya kerikil dan pasir bertebaran di aspal.

Keluhan pengendara motor ini membuat para kuli tersinggung,lantas mengeroyok pengendara motor tersebut hingga babak belur. Pengendara motor pulang dengan wajah hancur dan kembali lagi dengan membawa banyak orang. Untung masa dapat di­dinginkan,kalau tidak,maka perkelahian masal akan terjadi.

“Karena pengerjaanjalan ini sudah sangat meresahkan,kita minta Pemko Solok menghentikan sementara pengerjaan jalan ini. Kita kahwatir terjadi lagi perkelahian antara kuli dengan warga sekitar. Disamping itu kita minta pengerjaan jalan ini nantinya diawasi oleh Dinas PU. Karena selama ini kita belumpernah ada pegawai Dinas PU Kota Solok yang mengawasi proyek jalan ini,”ujar Dafrizal Buchari.

Senada dengan Dafrizal Buchari,Ketua Fraksi Gokar DPRD Kota Solok,Nasril In Dt Malintang Sutan mengatakan, agar tidak terjadi perkelahian antar warga,ia juga minta pengerjaan jalan ini dihentikan untuk sementara. Sekalis meminta pihak PT Arpex Primadhamor menyesaikan pekerjaan ini sebaik mungkin.

“Bagaimanapun juga PT Arpex Pri­ma­dha­mor bertanggungjawab penuh dengan pengerjaan proyek jalan ini. Sekalipun pengerjaan jalan ini sudah di-sub kan pada pihak lain.Termasuk membiayai pengobata pengendara yang mengalami kecelakaan,”kata Nasril In Dt Malintang Sutan. (h/eri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]