KORDINASI DITINGKATKAN

Persiapan Haji Sudah 80 Persen


Kamis, 04 Agustus 2016 - 11:18:43 WIB

PADANG, HALUAN — Per­siapan keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) di Provinsi Sumbar sudah mencapai 80 persen. Meski jadwal kebe­rang­katan masih beberapa hari lagi, kordinasi antara lembaga dan instansi terus dilakukan teru­tama adanya jadwal kebe­rang­katan yang bersamaan dengan jadwal Tour de Singkarak (TdS).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemen­terian Agama (Kakanwil) Sum­bar Salman K Memet saat rapat kordinasi dengan semua ins­tan­si yang terlibat dengan ke­berangkatan CJH dan silatu­rahmi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan P3IH di Asrama Haji Embarkas, Tabing, Padang, Rabu (3/8).

Menurutnya, semua persia­pan seperti paspor hingga kate­ring makan CJH sudah berjalan lancar. Hanya kordinasi antara pihak terkait perlu diting­katkan agar tidak terjadi masa­lah saat ada dua iven besar dengan waktu bersamaan.

“Persiapan sudah mencapai 80 persen, kan masih ada lima hari menjelang hari kebe­rang­katan haji, semua urusan bakal kita rampungan. Namun tadi perlu dikordinasikan antara jadwal CJH ini dengan jadwal TdS agar dua agenda ini tidak bermasalah, terutama jangan sampai Embarkasi Padang yang sudah masuk 5 besar terbaik di Indonesia menjadi turun,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, TdS adalah iven inter­nasional yang satu-satunya ada di dunia yang menggunakan nama Danau Sing­ka­rak untuk itu perlu dukungan semua pi­hak. Sementara haji juga menjadi kegiatan dunia dan pihak Kanwil Ke­menag juga sudah berkordinasi dengan pihak kepolisian dan dishub sudah mengatur waktu agar tidak bentrok.

“Kami tidak mau mengin­tervensi tugas tugas setiap pos panitia, apakah bagian ca­tering, keamanan, di bandara. Karena ini adalah tugas mulia, tugas yang penuh ibadah,” terangnya.

Lebih lanjut Salman me­nyam­paikan, pematangan ke­sia­pan lainnya yang dilakukan Kemenag adalah membenahai asrama haji yang akan ditem­pati CJH. Di antaranya mem­perbaiki tolilet, tempat tidur dan saluran air yang digunakan untuk mandi.

“ Jadi ketika berada di asrama para jemaah harus mera­sa nyaman dan ini  sudah men­jadi tanggung jawab kita,” ungkapnya.

Sementara dari sisi penga­daan makanan atau katering terhadap para jemaah yang dilakukan oleh pihak ketiga sudah berjalan melalui proses tender. Dengan begitu makanan yang dikonsumsi jemaah sebe­lum berangkat haji dapat terja­ga kebersihannya.

“Katering jemaah ini juga menjadi perhatian kami. Kare­na ini juga indikator CJH men­dapat layanan dengan baik,” tuturnya.

Salman menambahkan, da­lam pemberangkatan haji me­la­lui Embarkasi Padang tahun ini hanya ada 11 kelompok ter­bang (kloter),sementara  tiga klo­ter merupakan Calon Ja­ma­ah Haji asal Provinsi Beng­kulu. “Un­tuk jemaah calon haji asal Beng­kulu berjumlah 1.292 dan Sum­bar sebanyak 3.599,” ujar­nya.

Bergabungnya jemaah Pro­vinsi Bengkulu dengan Pro­vinsi Sumbar sudah melalui kesepakatan atau MoU sejak tahun 2006 dan berakhir pada tahun 2016 ini. Untuk pem­be­rangkatan JCH asal Bengkulu akan diberangkatkan pada kloter ketiga, empat dan kloter kelima.

Lima Terbaik 2015

Kabid Penyelengaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumbar  Syamsuir mengatakan, Embarkasi Padang pada tahun 2015 masuk  lima terbaik dalam penyelenggaraan haji tingkat nasional. Selain Sumbar, em­bar­kasi terbaik diraih oleh Em­barkasi Surabaya Sebagai salah satu embarkasi terbaik se In­do­nesia secara umum  men­dapat­kan indekskepuasan sebesar 79 persen dari jamaah haji. Indikator penilaiannya adalah lancar aman, dan terkendali.

“Penilaian ini dilakukan setelah jemaah sampai di Arab Saudi, ada tim yang menilai dan memberi angket yang diisi oleh jemaah. Tim ini terdiri dari Dirjen di Kementian Agama, DPR RI dan instansi lainnya. Mudah-mudahan kalau tidak naik posisi ini setidaknya masih lima besar terbaik,” terangnya.

Sementara itu Kabag Da­lops Polda Sumbar AKBP Zam­broni yang juga hadir menga­takan, pengamanan dan pe­nga­wasan bagasi CJH harus di­ting­katkan dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang bersifat me­rugikan CJH, seperti kehilangan barang-barang berharga serta kejadian lainnya yang bersifat melanggar hukum.

 “Jangan sampai ada CJH yang kehilangan, baik itu di bandara ataupun di asrama. Dulu pernah CJH mengalami kehilangan bagasinya, kita tidak mau ini terulang lagi,” ujarnya. (h/rvo)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Juni 2020 - 08:43:04 WIB

    DPRD Padang: Pemko Harus Punya Persiapan Matang Sebelum Izinkan Aktivitas Belajar di Kelas

    DPRD Padang: Pemko Harus Punya Persiapan Matang Sebelum Izinkan Aktivitas Belajar di Kelas HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padang memperhatikan sektor pendidikan jika ingin menerapkan New Normal atau tatanan kehidupan baru normal di masa Covid-19. .
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 18:10:07 WIB

    Wagub Cek Persiapan, Kota Padang Bakal Helat Penas KTNA XVI

    Wagub Cek Persiapan, Kota Padang Bakal Helat Penas KTNA XVI PADANG, HARIANHALUAN.COM-Dengan didampingi Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit memimpin langsung rapat Perkembangan Persiapan Penas KTNA XVI di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 12:10:35 WIB

    Persiapan Jamnas Sudah Final

    Persiapan  Jamnas Sudah Final PADANG, HA­LUAN — Gerakan Pra­muka Kwarda 03 Sumbar siap be­rang­kat ke bumi per­ke­mahan pada ha­jatan Jambore Na­ional (Jam­nas) X di Cibu­bur, Jakarta. Alek besar gerakan ke­pan­duan ini, diikuti sekitar 25.0.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 07:16:24 WIB

    Persiapan Haji Hampir Rampung

    Persiapan Haji Hampir Rampung PADANG, HALUAN — Persiapan pe­nyelenggaraan haji di Embarkasi Padang untuk tahun ini hampir rampung. Untuk pemeriksaan kesehatan jemaah sudah mulai dilakukan dan tinggal vaksin meningitis aja yang belum. .
  • Ahad, 12 Juni 2016 - 16:41:44 WIB

    Wagub Klaim Persiapan TdS Capai 60 Persen

    Wagub Klaim Persiapan TdS Capai 60 Persen PADANG, HALUAN-- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengklaim persiapan Tour de Singgarak (TdS) hingga saat ini telah mencapai 60 persen. Untuk persiapan penyelenggaraan pihak provinsi sudah mengadakan pertemuan dengan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]