Taman Aspirasi Batam Jadi Perkemahan Imigran


Jumat, 05 Agustus 2016 - 03:35:41 WIB

BATAM, HALUAN — Taman Aspirasi Pemko Batam dijadikan markas perkemahan tinggal bagi puluhan imigran asal negara konflik, sehingga terlihat kumuh serta jorok.

Pantauan lapangan, pu­luhan imigran ini ber­data­ngan dari Jakarta dan me­miliki kartu Unicef. Pa­rah­nya, mereka semua meru­pakan pelarian dari Jakarta melewati darat Pekanbaru dan mengunakan kapal de­ngan tujuan Batam.

Ironisnya, puluhan imig­ran asal Pakistan, Afganistan, Sudan dan Afrika terus ber­datangan bersama keluarga lainnya tanpa terbendung. Kedatangan mereka tanpa hambatan dan mendapat bantuan masyarakat Batam.

Terhitung hampir lima puluhan imigran terpantau di lokasi dan selalu meng­gu­nakan fasilitas umum dewan. Parahnya, fasilitas musala, seperti saban hari pergunakan toilet untuk mandi dan lain­nya, sehingga terlihat jorok.

“Mereka keenakan mas, pura-pura susah tapi sering dijumpai di mall-mall dan ada handphone,” kata Ani, salah seorang warga saat pengurus paspor di Imigrasi Batam, Rabu (3/8).

Tambah Ani, sering dite­mukan imigran belanja di mall bersama keluarga, bah­kan sering juga mereka ngopi di Moning Bakery Green­land.

“Namun, kalau di taman aspirasi, mereka ngakunya tak punya uang, tidak diper­hatikan, sehingga dulunya kami sempat prihatin. Peme­rintah harus tegas terutama IOM sebagai penampung mereka, nanti bisa aja mereka jadi jahat,” ujarnya.

Sementara itu, salah se­orang tenaga honor DPRD Batam bagian perlengkapan H mengatakan, sudah lebih kurang seminggu dipasang tenda bagi imigran itu untuk bisa tidur. Namun, katanya, hari ini dibongkar. Karena mereka sudah mulai ber­lebihan dan sering pergu­nakan fasilitas di sini, kadang tak mengerti membersihkan, hanya tahu memakai.

“Lihat saja toilet, tak hentinya mereka gunakan tetapi tak mengerti mem­bersihkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DP­RD Kota Batam Nuryanto meminta diadakannya per­temuan dengan seluruh FK­PD (Forum Kedinasan Pim­pinan Daerah) terkait persoalan imigran pencari suaka di Batam.

“Kita sudah menyurati Pemko Batam untuk me­manggil seluruh FKPD agar dapat menangani persoalan imigran ini,” kata Nuryanto.

Imigran pencari suaka kini menggunakan Taman Aspirasi di sebelah Kantor Kejaksaan Negeri Batam sebagai tempat tinggal. Di sana sudah mulai ramai. 

“Hal ini sudah menjadi persoalan yang bisa me­nyangkut persoalan sosial ke depan,” ujarnya.

Imigran di Batam ke­banyakan berasal dari negara asal mereka yang sedang mengalami konflik seperti Afganistan, Sudan dan Ya­man. Pencari suaka terpaksa menempati Taman Aspirasi karena tempat yang dise­diakan oleh IOM (Inter­national Organization of Migration) di Hotel Kolekta sudah tidak dapat menam­pung jumlah mereka lagi.(h/par)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 18:15:54 WIB

    BRI Bangun Taman di Puncak Paku KWBT Mandeh

    BRI Bangun Taman di Puncak Paku KWBT Mandeh PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bank Rakyat Indonesia (BRI) membangun taman di Puncak Paku, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, sebagai wujud dukungan terhadap pengemb.
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 12:34:40 WIB

    Dihiasi Taman dan Lampu Dekorasi, Pantai Aia Manih Makin Tacelak

    Dihiasi Taman dan Lampu Dekorasi, Pantai Aia Manih Makin Tacelak PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jika Anda sudah lama tidak ke Pantai Air Manih, maka Anda akan terkejut ketika datang saat ini ke pantai yang melegenda tersebut..
  • Sabtu, 27 Juli 2019 - 20:48:51 WIB

    Indahnya Karya Seni Rupa FBS UNP di Taman Budaya Padang

    Indahnya Karya Seni Rupa FBS UNP di Taman Budaya Padang HARIANHALUAN.COM - Pengunjung sedang melakukan foto selfie di salah satu karya yang dipamerkan di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat, Padang, Jumat (26/7). Karya-karya yang dipamerkan di galeri tersebut merupakan hasil karya .
  • Senin, 15 Juli 2019 - 23:22:24 WIB

    Lokasi ‘Tank Peninggalan Perang’ Pantai Padang Dipercantik dengan Taman

    Lokasi ‘Tank Peninggalan Perang’ Pantai Padang Dipercantik dengan Taman PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan mencoba mendorong corporate social responsibility (CSR) dalam pembangunan taman yang disediakan untuk lokasi sekitaran tank bersejarah yang ada di Pantai Padang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]