PENGAWASAN RUTIN DILAKUKAN

Jumlah Pengemis dan Anjal Mulai Berkurang


Jumat, 05 Agustus 2016 - 03:39:44 WIB

SOLOK, HALUAN — Jumlah anak jalanan di Kota Solok terus berkurang. Pasalnya, Pemerintah Kota Solok terus gencar mela­kukan pengawasan diberbagai tempat untuk memastikan ak­tifitas mereka dan asal usulnya sehingga tidak menjadi beban bagi Pemerintah Kota Solok.

Beberapa bulan lalu memang ditemukan anak jalanan yang mangkal dibeberapa titik per­simpangan dan lampu merah. Aktifitasnya mengamen sambil mengharapkan belas kasihan dari sopir yang lewat. “Pada hal dilihat dari usianya masih anak-anak dan logisnya yang ber­sangkutan berada dibangku sekolah,” ujar Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Solok, Edi Candra di Kota Solok awal minggu lalu.

Setelah dilakukan penelu­suran dengan melakukan dialog dengan anak-anak itu serta pihak keluarganya, ternyata anak-anak itu turun ke jalan mengamen lantaran terjepit masalah eko­nomi, yang bersangkutan me­nga­men setelah pulang sekolah, hasil mengamen untuk mem­biayai keluarganya lantaran orangtua tidak punya dan hidup bersama neneknya.

Melihat kondisi yang ber­sangkutan, akhirnya ada bapak angkat yang membiayai kehi­dupannya sehari-hari dengan catatan yang bersangkutan tidak boleh lagi mengamen dan harus sekolah sesuai tingkat usianya. “Kini ada dua orang bapak angkat untuk anak-anak kurang mampu yang membiayai keluar­ganya,” tutur Edi Candra.

Jika diperhatikan, hampir tiap hari di Kota Solok jumlah penga­men maupun anak jalanan yang menjadi permasalahan sosial hampir tidak ada ditemui. Kalau­pun ada, mereka bukanlah warga Kota Solok sebab sesuai dengan letak geografis Kota Solok yang berada diper­sim­pangan jalan selalu menjadi sasaran dalam perma­salahan sosial.

Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Solok bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja selalu mela­kukan pengawasan dilapangan terhadap anak jala­nan karena jika dibiarkan tanpa dilakukan pemb­inaan bisa men­jadi bumerang dalam kenakalan remaja nantinya.  (h/alf/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]