Kodim 0305 Pasaman Tanam Padi Kartika di Air Manggis


Jumat, 05 Agustus 2016 - 03:45:11 WIB

PASAMAN, HALUAN — Berbagai upaya dalam rangka mewujudkan swasembada beras terus dilakukan satuan TNI dari Kodim 0305 Pasaman. Salah satunya, pembuatan demplot padi kartika I-82 seluas 1 hektare bersama masyarakat di Nagari Aia Manggis, Kecamatan Lubuksikaping.

Selain mengutamakan bibit unggul dalam setiap demplot mereka, rencananya pena­naman padi tersebut juga akan menggunakan mesin Transpelar sebanyak 3 unit.

“Ya, kita akan melakukan penanaman padi Kartika I–82 di sawah masyarakat nagari Air Manggis pada, Senin 8 Agustus 2016 mendatang di demplot Wilayah Koramil 01/Lubuksikaping,” kata Dandim 0305/Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito, kemarin.

Kata Dandim, proses penanaman padi tersebut akan dilakukan di lahan seluas 1 Hektar dengan bantuan mesin Transpelar sebanyak tiga unit.

“Kita bekerja sama dengan masyarakat, seperti sawah milik masyarakat, untuk pengolahan lahan, bantuan bibit hingga penanaman dibantu oleh pihak Kodim. Namun, untuk pupuk dan pemeliharaan hingga dari masyarakat setempat, dan panennya dibagi,” ujarnya.

Padi ini diprediksi berusia 90 hari. Pola penanaman padi dengan sistem jajar legowo (Jarwo) untuk memperbanyak tunas dan dapat meningkatkan jumlah rumpun.

“Penanaman akan dilakukan sebagai uji coba, apalagi proses penanamannya meng­gunakan alat mesin pertanian Transpelar. Apalagi di daerah ini baru kali ini dilakukan dengan mesin,” terangnya. (h/mg-yud)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]