BAHAS APBD PERUBAHAN 2016

Sekda Pasaman Kumpulkan Kepala SKPD


Jumat, 05 Agustus 2016 - 03:47:34 WIB

PASAMAN, HALUAN — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman, A Syafei Siregar, memanggil dan mengumpulkan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran pemerintah kabupaten, Selasa (2/8).

Pemanggilan dimaksud dalam rangka pembahasan dan penyusunan rancangan peru­bahan prioritas dan Plafon Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2016.

Sekda A Syafei Siregar mengatakan, rapat guna mem­bahas alokasi anggaran pada usulan APBD perubahan yang disampaikan oleh tiap SKPD sebelum diajukan ke DPRD untuk selanjutnya disetujui.

“Pihak DPRD sudah men­jadwalkan pembahasan APBD perubahan pada minggu ke dua Agustus. Jadi semuanya harus tuntas dalam minggu ini juga,” ujar  Syafei.

Dikatakan Syafei, pada tahun ini pendapatan asli dae­rah itu tidak mengalami kena­ikan sama sekali. Demikian pula halnya dengan dana per­imbangan dan pendapatan lain-lain yang sah.

“PAD kita tidak naik, tetap diangka Rp65,262 miliar. Dana perimbangan kita juga turun hampir Rp11,637 miliar, dana alokasi khusus juga. Bahan perubahan anggaran ini belum final. Untuk itu seluruh kepala SKPD diundang rapat untuk langsung check point,” katanya.

Ia pun meminta, agar selu­ruh kepala SKPD membuat proyeksi anggaran sesuai kebu­tuhan sesunggugnya dan ber­dasarkan skala prioritas, se­bagaimana arahan bupati, wakil bupati setempat.

“Seluruh kepala SKPD, harus membuat skala prioritas satu, dua dan tiga, lalu ajukan. Demikian juga alokasi ang­garan yang tepat dan pas,” pintanya.

Selaku ketua tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kabupaten Pasaman, ada dua hal yang bisa ditempuh guna menghindari devisit anggaran. Sebab, dari hitung-hitungan pihaknya, APBD pemkab se­tempat divisit hingga mencapai Rp24,174 miliar.

“Ada dua cara yang bisa dilakukan TAPD, tunda ke­giatan atau merasionalisasi anggaran. Makanya, saya minta seluruh SKPD membuat skala prioritas. Jangan asal dibuat seolah-olah itu penting,” kata­nya.

Pemkab, kata dia, hanya diberi waktu seminggu untuk merampungkan pembahasan serta penyusunan ABPD peru­bahan tersebut, sebelum dia­jukan ke DPRD.

“Kita diberikan waktu satu minggu untuk menyusun ang­garan perubahan sebelum diba­wa kesidang paripurna DPRD,” ucap Syafei

Lanjut Syafei, pihaknya mencatat sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) tahun ini sebanyak Rp143,4 miliar. Tapi, kata dia, sebagian dana tersebut sudah dipergunakan sebelum mendahului perubahan.

“Ini adalah kerja kita ber­sama, mari gunakan anggaran sebaik mungkin namun pas. Masing-masing SKPD kembali saya ingatkan harus membuat skala prioritas. Arahan pim­pinan juga harus menjadi per­hatian kita semua, khususnya para kepala SKPD,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD)  Pasa­man, Ernofialdi membenarkan, silpa mencapai Rp143 miliar, namun sebanyak Rp19 miliar sudah dipergunakan sebelum perubahan. “Itu dialokasikan untuk tunjangan daerah (Tun­jada) sebanyak Rp7 miliar, sebagaimana disampaikan Bu­pati Pasaman,” katanya.

Dua SKPD Ajukan Pengu­rangan PAD

Dalam rapat pembahasan APBD perubahan itu, sejumlah SKPD mengajukan pengura­ngan pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2016 kepada TAPD setempat, dian­taranya Dinas Perindagkop dan UKM serta Dinas Perhubungan dan Komunikasi, Informatika.

“Kita ingin dikurangi. Tar­get awal Rp558 juta lebih, sumber PAD hanya retribusi pasar. setelah dicoba kemam­puan kami hanya Rp337 juta pak sekda,” tukas Anwir.

Sementara Kepala Dis­hubkominfo, Masril menga­takan, sumber PAD diinstansi tersebut ada dua, yakni RPM dan retribusi terminal. Retribusi pengendalian negara (RPM) sebesar Rp500 juta, kata dia, tidak bisa kita kebut.

Sekretaris Dinas Pen­didi­kan, Emdison menyampaikan, pihaknya masih kekurangan anggaran untuk biaya penam­bahan guru kontrak sebanyak 650 orang.

“Dibutuhkan dana sebesar Rp1,7 miliar. Sementara dana tersedia Rp1,07 miliar. Butuh penambahan anggaran sebesar Rp90 juta,” ujarnya. (h/mg-yud)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 12:23:05 WIB

    Sekdakab Aset Jadi Hambatan Pemeriksaan BPK, Pemkab Kerjasama BPN

    Sekdakab Aset Jadi Hambatan Pemeriksaan BPK, Pemkab Kerjasama BPN HARIANHALUAN.COM - Menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK RI beberapa waktu lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) gerak cepat dengan menjalin kerjasama dengan kantor Agraria Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasi.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 15:32:40 WIB

    Sekdakab Harapkan Refokusing Anggaran KPU Solsel

    Sekdakab Harapkan Refokusing Anggaran KPU Solsel HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten (Solok Selatan) (Solsel) Yulian Efi berharap adanya refokusing anggaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) pada penyelenggaraan Pilkada 2020 di daerah itu..
  • Senin, 23 Maret 2020 - 16:20:28 WIB

    Ditenda Darurat BNPB , Genius Lantik Pj Sekda Kota Pariaman

    Ditenda Darurat BNPB , Genius Lantik Pj Sekda Kota Pariaman PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Walikota Pariaman, Genius Umar lantik Fadli sebagai Pelaksana Jabatan (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, ditenda darurat BNPB dihalaman Kantor Walikota, disebabkan bencana Covid-19..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 11:40:33 WIB

    Sekda Tutup MTQ ke-39 Kecamatan Lubuk Kilangan, Koto Lalang Juara Umum

    Sekda Tutup MTQ ke-39 Kecamatan Lubuk Kilangan, Koto Lalang Juara Umum PADANG,HARIANHALUAN.COM-Sekda Kota Padang, Almasrul, SH, MM menutup secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-39 tingkat Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) di Masjid Jabal Rahmah Kelurahan Indarung, Minggu (8/3/2.
  • Kamis, 18 Mei 2017 - 10:54:34 WIB

    Sekda Sijunjung Meninggal Dunia

    Sekda Sijunjung Meninggal Dunia SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-Kabar duka menyelimuti jajaran Pemerintah Kabupaten Sijunjung. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sijunjung, Drs.Ade Taufik Rohendi, MM meninggal dunia pada usia 59 tahun, setelah sempat dirawat d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]