DIHADIRI 30 NEGARA

Indonesia Jadi Penyelenggara Dua Konferensi Terorisme


Jumat, 05 Agustus 2016 - 03:54:11 WIB

JAKARTA, HALUAN — Indonesia bakal jadi tuan rumah dua iven ber­temakan kontra terorisme, antara lain International Meeting on Counter Ter­rorism (IMCT) dan Co­unter Terrorism Fi­nan­cing (CTF) 2016 yang akan berlangsung di Nusa Dua Bali pada 8-11 Agustus nanti.

Juru Bicara Ke­men­terian Luar Negeri (Ke­menlu) Arr­manatha Nasir menyatakan, pada dua forum itu, Indonesia akan berupaya meningkatkan kerja sama dengan be­berapa negara untuk me­ng­antisipasi masuknya aliran dana dan pelaku terorisme.

“Saat ini aksi te­ro­risme telah melibatkan jaringan internasional dan ber­penga­ruh dalam ma­suknya aliran dana dan pelaku dari luar negeri ke Indonesia,” ujar Arr­ma­natha di Kantor Ke­men­terian Luar Negeri, Ja­karta, Kamis (4/8).

Arrmanatha menya­takan, waktu pelaksanaan dua kon­ferensi itu ber­langsung ter­pisah. CTF yang diadakan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan berlangsung pada 8-11 Agus­tus nanti.

Adapun IMCT, yang di­selenggarakan Ke­men­terian Koordinator Politik Hukum dan HAM akan berlangsung pada 10 Agus­tus mendatang. Keduanya akan diikuti sekitar 30 negara, salah satunya Australia.

“Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan ber­bicara di forum tersebut pada 10 Agustus sebab ini meru­pakan isu penting terutama dengan masifnya aksi tero­risme, maka pe­nanganannya pun harus melibatkan banyak nega­ra,” papar Arrmanatha.

Dia pun menam­bah­kan, dalam dua forum itu, nan­tinya akan dibahas pening­katan kerja sama inter­nasio­nal dalam me­ngantisipasi masuknya aliran dana dan pelaku dari luar negeri.

“Bagaimanapun juga te­ro­­risme merupakan keja­hatan lintas batas yang harus meli­batkan kerja sama inter­nasional baik mengantisipasi masuknya dana dan pelaku dari luar, karena itu Indonesia pun berusaha bekerja sama dengan negara lain,” lanjut Arrmanatha. (h/kcm)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]