INDONESIA TERKEPUNG

72 Jaringan Narkoba Internasional Terdeteksi


Jumat, 05 Agustus 2016 - 03:55:46 WIB
72 Jaringan Narkoba Internasional Terdeteksi Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso (kedua kiri) memberi keterangan pers dengan menghadirkan tersangka berpaspor Taiwan dan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu di Kantor BNN Pusat, Jakarta, Selasa (2/8). (ANTARA)

JAKARTA, HALUAN — Sebanyak 72 jaringan narkoba internasional tengah mengepung Indonesia. Kartel narkoba tersebut didominasi oleh China, namun ada juga kartel yang berasal dari jaringan Kolombia dan Amerika Selatan.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso di Kantor BNN, Jl. MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (4/8), seperti dilansir oleh De­tik.com

“Jaringan kita yang sudah dideteksi 72, kegiatan mereka tetap kita ikuti. Jadi gini, salah satu efek berkem­bang­nya jaringan, kartel Kolombia pecah, salah satunya mereka kembangkan eksistensi di Asia, termasuk di Indonesia,” ujar Buwas.

Buwas merinci negara yang menjadi jaringan nar­koba ini. Negara-negara ter­sebut di antaranya China, Malaysia, Singapura, India, Pakistan, Afrika, Thailand, Hongkong juga Ero­pa. Nar­koba dari negara-negara ter­sebut masuk karena para pelaku memanfaatkan luas­nya wilayah Indonesia.

“Yang terakhir kita tang­kap dari Taiwan. Mereka kamuflase sebagai turis. Ter­nyata mereka jaringan yang membawa dan mengedarkan. Jadi persoalan narkotika sudah merata di seluruh Indonesia,” ujar Mantan Ka­bareskrim ini.

“Tidak ada satu wilayah di Indonesia yang clear dari narkotika. Walaupun terpen­cil. Kenapa? Karena posisi kita perairan sehingga mudah memasukkan,” tambahnya.

Buwas juga menyebut bahwa saat ini sudah ada narkoba yang masuk ke Indo­nesia dalam jumlah besar. Namun, pihak BNN sedang berusaha mencari tahu posisi penyimpanan barang haram tersebut.

“Sebenarnya barang yang di Indonesia sudah banyak, jumlahnya ton-tonan. Cuma posisinya di mana kita lagi cari. Barang ini masuk terus ke negara kita tanpa diketahui karena luasnya wilayah kita, kekuatan personel kita, kepe­dulian masyarakat. Selu­ruhnya, tidak hanya Aceh, Batam, Medan,” ujarnya. (h/dtc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]