DIBERI PELATIHAN HIASAN BUSANA

Lulusan SLTA Disiapkan Jadi Wirausaha


Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:01:32 WIB
Lulusan SLTA Disiapkan Jadi Wirausaha KEPALA BDI Padang, Jonni Aprizon, Kasubag Tata Usaha Sri Mulyati, dan Wakil Walikota Pariaman Muhklis Rahman saat meninjau ruang produksi bordir di BDI Padang, Selasa (2/8). (RINA AKMAL)

PADANG, HALUAN — Balai Diklat Industri (BDI) Padang mengadakan pelatihan pembuatan hiasan busana dengan mesin bordir manual untuk 100 orang lulusan SLTA. Pelatihan itu bertujuan untuk melahirkan wirausaha baru untuk membangun ekonomi masyarakat.

Kepala BDI Padang, Jonni Aprizon menerangkan, sebe­lumnya BDI sudah bekerja sama dengan kabupaten/kota untuk melakukan pelatihan pada sejumlah lulusan SMA sederajat dan anak-anak mu­da sesuai dengan potensi daerah masing-masing.

“Misalnya saja saat ini, kami melakukan pelatihan untuk daerah Pariaman karena di daerah ini juga banyak usaha-usaha jahit serta bor­dir,” ujarnya saat memberikan sambutan didampingi Kasu­bag Tata Usaha Sri Mulyati, Selasa (2/8) di BDI Padang. Pelatihan itu dimulai sejak 2 hingga 22 Agustus 2016, dengan mendatangkan ins­truk­tur yang berpengalaman di bidangnya.

Pengembangan di bidang mo­de itu, kata Jonni, tidak akan ada habisnya karena akan te­rus berkembang untuk itu ju­ga perlu dilakukan pening­ka­tan keahlian guna meme­nu­hi kebutuhan pasar dan ten­tunya keseimbanagan de­ngan kemajuan di dunia mo­de. 

“Apalagi saat ini kita sudah memasuki Masyarakat Eko­nomi asean (MEA), semua barang bebas masuk dan di­per­jualbelikan di sini bahkan hingga tenaga kerja pun akan banyak berdatangan. Jika SDM kita tidak mempunyai keahlian maka tidak mampu bersaing dengan tenaga kerja yang lain dan kita hanya bisa jadi penonton di rumah sen­diri,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali­ko­ta Pariaman Mukhlis Rah­man menyambut baik kerja­sama BDI untuk mening­kat­kan perekonomian masya­rakat de­ngan memberikan pelatihan ke­ahlian menjahit dan bordir un­tuk sejumlah lulusan yang siap membuka lapangan kerja baru.

“Mereka yang mempunyai keahlian ini tentunya akan mudah bekerja dan bahkan membuka lapangan kerja baru untuk yang lainnya, ditambah lagi saat pelatihan mereka diberikan berbagai fasilitas seperti penginapan, trans­portasi dan sertifikat yang nantinya akan diperlukan,” ujarnya.

Ia berharap, peserta yang diberikan kesempatan menim­ba ilmu dan keahlian di BDI dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya agar dapat dipergunakan dan diapli­kasikan nantinya. “Saya ber­harap pelatihan ini diikuti dengan sebaik-baiknya, dan dipergunakan nantinya sete­lah ini,” ujarnya. (h/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]