PTSP Bangun Pabrik Pengantongan di Bengkulu


Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:02:24 WIB
PTSP Bangun Pabrik Pengantongan di Bengkulu DIREKSI PT Semen Padang menyosialisasikan pembangunan pabrik pengantongan di Teluk Sepang, Bengkulu, Kamis (4/8). Pembangunan pabrik itu akan dimulai pada tahun ini dan direncanakan selesai pada 2017.

BENGKULU, HALUAN — PT Semen Padang (PTSP) menyelenggarakan sosialisasi pem­ba­ngunan packing plant (pabrik pengantongan) kepada masyarakat Kelurahan Teluk Sepang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, Kamis (4/8) di Aula Kantor Lurah setempat. 

Kegiatan sosialisasi dipim­pin Kepala Departemen Quali­ty Assurance & SHE PTSP, Hari Utama. Hari Utama me­ne­rangkan, ada beberapa hal yang dijelaskan ke masyarakat Teluk Sepang, di antaranya lokasi pembangunan pabrik, beberapa perizinan, dam­pak lingkungan serta dampak po­sitif dari industri tersebut.

Pabrik tersebut juga be­ru­pa pabrik pengepakan bukan pabrik pengolahan. Jadi, pa­brik itu tidak mempengaruhi ling­­ku­ngan. “Sebaliknya, dam­­pak po­sitifnya, pere­ko­no­­mi­an war­ga menjadi me­nin­g­kat, banyak sek­­tor eko­nomi yang akan tum­buh serta kami juga banyak mem­­butuh­kan pekerja,” ucap­nya. 

Sementara itu, Kepala Biro Capex PT Semen Padang, Hasmeru Hasler menam­bah­kan, saat ini PTSP telah men­distribusikan sekitar 300 ribu ton semen per tahun untuk memenuhi kebutuhan pem­ba­ngunan di Bengkulu. Dalam rangka memperlancar pendis­tri­busian tersebut,  PTSP akan membangun pabrik pengan­tongan yang insya Allah akan dimulai pada Q4 2016 dan diharapkan selesai Q4 2017. 

Menurut Heru, pem­ba­ngunan pabrik pengantongan di Bengkulu ini bertujuan menambah kekuatan pe­ma­­saran Semen Padang di Beng­kulu dan da­erah sekitar­nya. Pendirian pabrik pengan­to­ngan ini diharapkan dapat me­ningkatkan citra merek perusahaan melalui jaminan keberlanjutan suplai, kemasan yang bersih dan rapi serta keberadaan fasilitas produksi di lokasi pasar. 

“Pabrik pengantongan Beng­kulu akan menambah kekuatan pasar Semen Padang di kawasan Sumatra karena se­belumnya pabrik pengan­tongan itu sudah dibangun di Aceh, Batam,Sumut, Lam­pung, Ja­karta, Banten, dan Cement Mill di Dumai,” tutur Heru. 

Pembangunan pabrik pe­ngan­tongan Semen Padang Bengkulu berkapasitas pro­duk­si 300.000 ton per tahun yang pa­da prinsipnya akan mendu­kung pemasaran, menge­fisien­kan biaya produksi. 

Menurut Hasmeru, pabrik pengantongan ini dilengkapi dengan dermaga dan fasilitas pembongkaran semen, seperti steel silo dengan kapasitas 2 x 3.000 ton, 1 unit packer, bulk loading, pengisian kantong big­bag dan 1 unit loading truck

“Untuk pekerjaan proyek ini akan dilaksanakan oleh PTSP bersama kontraktor na­sio­nal dan kontraktor lokal yang ada di Bengkulu, sedang­kan untuk tenaga kerja saat be­ro­perasinya pabrik pengan­to­ngan, akan direkrut dari tenaga professional, baik dari kala­ngan PTSP maupun dari ma­syarakat setempat, sesuai de­ngan bidang keahlian yang dibutuhkan,” tutur Hasmeru. 

Di sisi lain, masyarakat Kelurahan Teluk Sepang pada kesempatan itu menyatakan dukungannya terhadap ke­inginan PTSP untuk mem­bangun pabrik pengantongan. Hal itu disampaikan secara bersama-sama oleh 

Camat Kampung Melayu, Rosminiarty. Dukungan dan apresiasi kepada PTSP mere­ka sampaikan, karena dengan dibangunnya pabrik pengan­tongan ini, minimal akan dapat mengurangi angka pe­ngang­gu­ran di Bengkuku. Selain nan­tinya juga akan ada pening­katkan kegiatan CSR PTSP yang dapat dinikmati oleh masyarakat Beng­ku­lu. (h/rel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 30 September 2016 - 03:35:21 WIB

    Tim Inovasi PTSP Raih Platinum IETEX 2016

    Tim Inovasi PTSP Raih Platinum IETEX 2016 PADANG, HALUAN — Dua tim Semen Padang yang mengikuti International Expo­sition on Team Excellent (IETEX) 2016 meraih penghargaan. Kompetisi bagi para inovator dan praktisi mutu perusahaan di seluruh dunia itu digelar Grand.
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 05:22:43 WIB
    Hadapi Persaingan Industri Semen Nasional

    PTSP Usung Tiga Kriteria Unggulan Produk

    PTSP Usung Tiga Kriteria Unggulan Produk PADANG, HALUAN — PT Semen Padang (PTSP) me­ngusung tiga kriteria ung­gulan produk untuk mem­perkuat daya saing pada in­dustri persemenan nasional. Tiga kriteria itu menjadi kelebihan produk PTSP di antara para kompetito.
  • Kamis, 30 Juni 2016 - 06:24:40 WIB

    PTSP Latih UKM Dagang Elektronik

    PTSP Latih UKM Dagang Elektronik PADANG, HALUAN — PT Semen Padang (PTSP) kembali menyalurkan dana kemitraan Rp1,79 miliar kepada 78 UKM pada Triwulan II/2016. UKM baru dan UKM yang telah dibina itu dilatih mempromosikan dagangan dan bertransaksi jual beli .
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 02:21:35 WIB

    CSR PTSP Targetkan Jaring 500 UMKM Baru

    PADANG, HALUAN — PT Semen Padang (PTSP) melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) memiliki target untuk menjaring 500 calon UMKM pada 2016. Upaya tersebut merupakan wujud kepedulian PTSP terhadap peningkatan pe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]