Masyarakat Tidak Memiliki NIK Jangan Dilayani


Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:17:23 WIB
Masyarakat Tidak Memiliki NIK Jangan Dilayani Ilustrasi.

Mentawai, Haluan — Kepala Dinas Ke­pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Mentawai Tarsisius Sakeru mengatakan , bagi masyarakat yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak dilayani dalam kepengurusan untuk meminta haknya sebagai warga negara.

“Sepanjang dia (masyarakat) tidak memiliki NIK jangan dilayani dalam men­dapatkan haknya sebagai warga negara, jangan pula dimunculkan sampai dia me­ngurus kartu keluarganya,” jelasnya kepada haluan kemarin.

Menurutnya kesadaran Masyarakat untuk mengurus data keluarga masih minim, hanya ketika ada keperluan yang mem­butuhkan syarat data keluarga, baru ma­syarakat tersebut melakukan pengurusan ke Dukcapil”Apa salahnya masyarakat me­lengkapi semua data keluarga terlebih dahulu, ketika mau melakukan urusan lain sudah gampang tidak ribet lagi, “ imbuhnya.

Dia mengatakan laporan data ke­pen­dudukan di Mentawai belum valid, sebab, masih belum ada sinkronisasi data antara Dinas Kesehatan setempat dengan pihak Dukcapil mengenai angka lahir dan angka kematian. “Kita sudah melakukan Mou dengan Dinkes terkait hal ini, namun belum berjalan sesuai dengan harapan, ketika ada riak-riak kendala di lapangan mestinya dilaporkan kesini,” tuturnya

Sementara itu upaya menghindari peng­gandaan data pihaknya sudah m­e­nem­patkan satu petugas Dukcapil di setiap Kecamatan, karena menurutnya data akan terus berubah ubah sesuai dengan angka lahir dan angka kematian untuk update data. “Kita sudah tempatkan tim masing-masing satu orang di kecamatan untuk membantu kita dengan sistim jemput bola, namun karena anggaran terbatas kita mengusulkan agar pihak kecamatan meng­garkan suatu kegiatan terkait hal itu, namun sampai sekarang pihak kecamatan belum berani,” ungkapnya

Dikatakannya baru-baru ini ada program pemerintah untuk melakukan pendataan jiwa sampai kepada orang yang meninggal, namun pihaknya tidak bisa menganggarkan kegiatan tersebut, sebab dikatakannya tahun sudah berjalan.

“Sekarang ada program pemerintah untuk mendata masyarakat sampai ke kuburan, namun tahun 2016 sudah berjalan, jadi kegiatan ini tidak bisa lagi kita anggarkan, “ jelasnya

Dia berharap untuk melakukan per­ce­patan pelayanan, setiap pihak mesti saling bersinergi menyinkronkan data dan ma­syarakat juga harus memberikan laporan se­tiap ada perubahan data keluarga. (h/mg-red)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]