Tolak Gabung, Warga Inginkan Kelurahan Sendiri


Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:19:33 WIB
Tolak Gabung, Warga Inginkan Kelurahan Sendiri Masyarakat Kelurhanan Subarang Batuang Payakumbuh Barat mendatangi Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (4/8), guna menyampaikan aspirasi sehubungan dengan pemekaran kelurahan. (ZULKIFLI)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Masyarakat Kelurahan Subarang Batuang, Kecamatan Payakumbuh Barat tetap menolak penggabungan Kelurahan Tanah Mati dengan Kelurahan Padang Datar. Masyarakat setempat meminta agar Kelurahan Subarang Batuang berdiri sendiri.

Penolakan tersebut di­sampaikan oleh puluhan ma­syarakat Kelurahan Subarang Batuang dari berbagai ele­men, dengan mendatangi Pemerin­tahan Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (4/8). Rom­bongan warga itu dis­am­but oleh Wakil Wali Koya Pa­yakumbuh, Suwandel Much­tar, Asisten I, Yoherman, dan sejumlah apa­ratur instansi terkait lainnya.

”Kami bertekad supaya Subarang Batuang dapat ber­diri sendiri, tidak bergabung dengan kelurahan lain sesuai keinginan masyarakat,” ujar Pe­muka masyarakat Su­ba­rang Batuang, Firmansyah yang dihubungi Haluan di kantor camat setempat, seusai pertemuan dengan berbagai pihak unsur pemerintahan.

Alasan warga untuk ber­diri sendiri, kata Firmansyah, ka­rena Kelurahan Subarang Ba­tuang termasuk kelurahan berprestasi, sudah memenuhi syarat dari segi jumlah pen­duduk dan sosial budaya. Oleh karena itu, warga ber­harap agar walikota bersama DPRD me­mutuskan agar Kelurahan Su­barang Batuang berdiri sen­diri.    

Sebelumnya, rencana Pem­­ko Payakumbuh meng­gabungkan Kelurahan Padang Datar, Kelurahan Tanah Mati, dan Kelurahan Seberang Be­tung, sudah menjadi topik pembicaraan  hangat sejak tahun lalu. Warga masih ber­harap, Pemko Payakumbuh tidak menggabung Seberang Betung dengan Padang Datar dan Tanah Mati.

Menurut Asisten I Yo­herman, penggabungan tiga kelurahan itu sudah dimulai dari pertemuan dengan ninik ma­mak dan KAN Koto nan Ampek dan pemuka ma­sya­rakat lainnya. Namun, jika warga Seberang Betung, ma­sih belum sepakat, wawako minta dimusyawarahkan kem­­bali oleh warga setempat. Menurut Yo­herman, dua kelurahan Padang Datar dan Tanah Mati, sudah menerima keputusan untuk bergabung dengan Seberang Betung. “Tinggal lagi dengan warga Subarang Betung karena penggabungan kelurahan itu akan berdampak positif te­r­hadap ketiga kelurahan ke depannya,” tutur Yoherman.

Sehubungan dengan peng­gabungan kelurahan tersebut, kata Yoherman, masyarakat Subarang Batuang masih pro dan kontra. Ada warga yang setuju tiga kelurahan digabung menjadi satu dan ada yang masih meminta Subarang Batuang untuk berdiri sendiri.

Hal senada juga di­ung­kap­kan oleh Bagian Pe­me­rin­tahan Kecamatan Paya­kum­buh Ba­rat, Arwital. Ia me­nya­takan masyarakat masih ter­belah. Sebagian mereka se­tuju dan sebagian lain me­nolak. Me­nurutnya, diper­lukan so­sia­lisasi dan pen­de­katan kepada warga lagi. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]