Dua Pelajar Mentawai Wakili Sumbar


Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:21:17 WIB
Dua Pelajar Mentawai Wakili  Sumbar FOTO bersama Helena dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai . (PREDY SAPUTRA)

Mentawai, Haluan — Dua orang  putra-putri Men­tawai akan mewakili Suma­tera Barat pada dua ajang Perlombaan ke tingkat Nasio­nal. Pada  Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS­2N) 2016 pada 4 sampai 10 September 2016 mendatang  Sumbar  menampilkan Seni Kriya Rumah Adat Mentawai (UMA) oleh Indra Ngarua Salakkoma siswa SMP N 1 Siberut Utara. Kemudian pada  ajang Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) di cabang olahraga voli putri  Tim Sumbar  diperkuat He­lena Siswi SMP N 1 Siberut Utara.

 Hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Mentawai. “Kami sangat berbangga, khususnya Dinas Pendidikan, karena satu-satunya SKPD di Men­ta­wai yang akan ikut meng­harum­kan Provinsi Sumatra Barat, khususnya daerah bumi Sikerei, yang nantinya siswa kita akan bersaing di tingkat nasional,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Men­ta­wai Sermon Sakerebau, Rabu, (3/8) saat diwa­wan­carai wartawan di ruang kerjanya.

Dia mengatakan sudah tiga kali Mentawai mengikuti even kompetensi besar di Tingkat Provinsi Sumatera Barat, an­tara lain pada tahun 2013, 2014 dan 2016 dan setiap itu pula putra-putri terbaik Men­tawai terpilih berkompetisi ke tingkat Nasional.

Selain itu ke depan untuk lebih meningkatkan prestasi siswa dikatakannya pihaknya akan melakukan pemetaan potensi di masing-masing sekolah, yang mana nanti potensi itu akan ditonjolkan dalam pelatihan ekstra kuri­kuler di sekolah.”Misalnya disiberut siswanya berpotensi dengan cabang olahraga silat dan volleyball, maka di kita anjurkan kepada guru agar lebih mengarahkan muridnya ke cabang tersebut, begitu juga dengan sekolah lain, jadi dengan demikian pada per­lom­baan berikutnya kita sudah punya calon,” jelasnya

Dia juga mengatakan se­lain itu untuk mendorong semangat siswa, pihak akan memberikan reward untuk siswa yang berprestasi akan diprioritaskan pada beasiswa, selain itu dengan bekal ser­tifikat yang dimilikinya, maka, untuk masuk jadi guru olahraga misalnya akan lebih cepat diterima.  (h/mg-red)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 22:38:44 WIB

    Dua Bendungan di Padang Pariaman Kondisinya Memprihatinkan

    Dua Bendungan di Padang Pariaman Kondisinya Memprihatinkan HARIANHALUAN.COM - Dua bendungan irigasi, di Lubuak Kuniang Alahan Tabek di Sikucur Barat dan Bendungan Irigasi di Lubuk Jambu di Nagari Sikucur Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman, makin memprihatinkan.  .
  • Rabu, 23 September 2020 - 18:03:07 WIB

    Ada Enam Titik Lokasi Banjir di Kota Padang, Dua Lokasi Diantaranya Terjadi Pohon Tumbang

    Ada Enam Titik Lokasi Banjir di Kota Padang, Dua Lokasi Diantaranya Terjadi Pohon Tumbang HARIANHALUAN.COM -- Akibat curah hujan dengan intensitas cukup tinggi dan merata terjadi di Kota Padang, Rabu (23/9/2020) yang terjadi sejak pukul 12:30 WIB hingga pukul 16:54 WIB, beberpa lokasi kembali dilanda banjir..
  • Selasa, 22 September 2020 - 09:11:50 WIB

    Mengedarkan Shabu, Dua Warga Sipangkur Dharmasraya Ditangkap Polisi

    Mengedarkan Shabu, Dua Warga Sipangkur Dharmasraya Ditangkap Polisi HARIANHALUAN.COM - Jajaran Satresnarkoba Kepolisian Resor Dharmasraya, Sumatera Barat, berhasil menangkap dua warga Jorong Lagan Jaya 1 Kenagarian Sipangkur Kecamatan Tiumang, Selasa (22/09) dinihari, sekira pukul 00.15 WIB. .
  • Ahad, 20 September 2020 - 15:45:30 WIB

    Pessel Catat Dua Kasus Baru Positif Covid-19 Hari Ini

    Pessel Catat Dua Kasus Baru Positif Covid-19 Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Update data covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (20/9), pasien terkonfirmasi  covid-19 bertambah sebanyak 2 orang yaitu, perempuan (21), laki-laki (29), kedua pasien sebelumnya suspek dengan geja.
  • Kamis, 17 September 2020 - 23:18:11 WIB

    Dua Wanita Lansia Dapat Bantuan Kursi Roda dari Pemkab Pessel

    Dua Wanita Lansia Dapat Bantuan Kursi Roda dari Pemkab Pessel HARIANHALUAN.COM - Nurhayati (65), warga Koto Panjang, Nagari Taluk Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, setelah 12 tahun lumpuh, akhirnya menerima bantuan kursi roda dari Bupati Pesisir Selatan did.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]