DI PESISIR SELATAN

Produk Home Industry Punya Prospek Cerah


Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:35:54 WIB
Produk Home Industry  Punya Prospek Cerah KETUA Tim Penggerak Pkk Pessel Lisda Hendrajoni tengah berdialog serius tentang hasil Home Industri Pessel.

PAINAN, HALUAN — Se­banyak 50  orang kontingen asal Pesisir Selatan (Pessel) mengikuti Jambore Terpadu, kader PKK, P3 MD, TTG, IMP PKB  berprestasi ting­kat provinsi Sumbar yang diketuai oleh Ketua Tim Peng­gerak PKk Pessel Hj Lisda Hendrajoni. Lisda sen­diri tampak didampingi Ketua GOW Yusneti Rusma Yul Anwar di Camping Ground Sawah Lunto, Kamis (4/8).

Pada iven tersebut, stand pameran PKK  Kabupaten Pessel menampilkan berba­gai hasil usaha rakyat beru­pa, kerajinan sulaman baya­ngan, kuliner randang lokan, aneka olahan jamur tiram dan home industry lainya. Nampaknya, barang yang dipamerkan tersebut di­minati pengunjung daerah maupun mancanegara. Ter­bukti turis asal Australia  Richaed didampingi Istrinya Lee Stephens merasa tertarik dan membelinya sebagai cenderamata.

Kepada wartawan, Lisda Hen­drajoni mengatakan pemasaran produk home industry masyarakat Pessel tidak saja di daerah bahkan ke luar negeri seperti, Malaysia, Thailand, Singapore. Bahkan sebagian dari mereka sudah se­ring datang ke Pessel untuk membeli sulaman Bayangan untuk dipasarkan di luar negeri.

“Kita patut bangga,hasil home industri Pessel selalu dilirik oleh berbagai Lapiisan masyakat. Oleh karena itu, pengelolaan bisnis home industri rakyat  patut untuk dikembangkan dalam upaya meng­hidupkan ekonomi masyarakat lebih baik lagi di masa mendatang,”katanya.

Daerah kabupaten Pesisir selatan merupakan salah satu daerah wisata di sumbar. Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan seperti cendra mata, perlu dibangkitkan lagi usaha tersebut karena memiliki prospek cerah dalam mengatasi pengang­guran dan kemiskinan.

Selain home industry, Pessel sudah mampu memproduksi me­sin tanam padi dengan kapasitas mampu mengimbangi 15 orang tenaga manusia  untuk setengah hektar areal persawahan dengan menelan waktu selama 3 jam. Mesin ini diproduksi  di Lu­nang,mesin ini berat 15 kg.

Ny Lisda Hendrajoni sendiri merasa optimis bila pengusaha lokal dan pemerintah dapat sa­ling membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat Pessel akan lebih baik lagi di masa men­datang. (h/adv/mjn)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]