Komoditas Tembakau Jadi Perhatian Pemkab


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:39:57 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Selain gambir, komoditas tembakau tetap menjadi perhatian Pemkab Limapuluh Kota, melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan setempat. Perhatian tersebut karena daerah itu berpotensi untuk pengembangan komoditas tembakau, dan petani tembakau daerah ini sudah terampil menanam hingga panen.

”Bantuan pemkab melalui dinas terkait terhadap petani tembakau untuk memberdayakan mereka setiap tahun tersedia, terutama dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sehingga para petani tembakau bisa mengembangkan usahanya,” ujar Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Pemkab Limapuluh Kota, Afrizul Nazar, di kantornya, Kamis (4/8).

Ia mengutarakan, kawasan penghasil tembakau di Limapuluh Kota, selain Baruh Gunung dan Guntung nagari Banjaloweh, Kecamatan Bukik Barisan, juga di Kecamatan Situjuh Limo Nagari dan Kecamatan Akabiluru. Di empat kawasan tersebut, bertanam tembakau merupakan mata pencarian bagi petani.

Untuk memacu petani berusaha di sektor tembakau, dinas terkait membuka kebun percontohan di Situjuh dan Akabiluru, masing masing seluas satu hektare. Sedangkan pasar tembakau, selain Payakumbuh di berbagai kota/kabupaten di Riau.

Dalam rangka pemasaran tembakau, Pemkab Limapuluh Kota, sudah menjalin kerja sama pengembangan tembakau hitam dengan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tingginya tingkat produksi serta konsumsi tembakau akan menjadi pintu gerbang untuk keja sama perdagangan tembakau antara Kabupaten Limapuluh Kota dengan Sumedang. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Mei 2015 - 18:32:41 WIB

    Beras Organik Bakal Dijadikan Komoditas Unggulan

    PADANG PANJANG, HALUAN — Pemerintah Kota Padang Panjang memproyeksikan beras organik sebagai produk dan komoditi unggulan pertanian di daerah berjuluk Serambi Mekkah itu. Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Panjang, Candr.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]