Gerakan Subuh Berjemaah Diluncurkan


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:41:03 WIB
Gerakan Subuh Berjemaah Diluncurkan WALIKOTA Payakumbuh, Riza Falepi meluncurkan Gerakan Salat Subuh Berjemaah di Masjid Istiqamah Bulakan Balai Kandi, Kamis (4/8). (ZULKIFLI)

PAYAKUMBUH, HA­LUAN —  Setelah sukses melaksanakan kegiatan Ha­palan Quran dan kegiatan Pe­santren Ramadan bagi  Pe­lajar se-Kota Payakumbuh, pemko setempat kembali me­luncurkan program yakni, Ge­rakan Shalat Subuh Ber­jemaah (GSSB).

Kegiatan tersebut di­lun­curkan oleh Walikota Paya­kumbuh, Riza Falepi  Kamis (4/8) Subuh. Kegiatan itu, dipusatkan di Masjid Isti­qomah Bulakan Balai Kandi Koto Nan Empat, Kecamatan Payakumbuh Barat.

GSSB itu secara ber­samaan dilaksanakan di 83 Masjid di 48 kelurahan dalam Kota Payakumbuh. Kegiatan tersebut digelar untuk me­ramaikan salat berjemaah dan memakmurkan masjid, serta untuk membentuk ka­rakter masyarakat, terutama para pelajar atau generasi muda.

”Dengan diawali salat Subuh berjemaah ini, di­harapkan ke depannya akan menjadi budaya bagi warga kota untuk melaksanakan salat lainnya secara ber­jemaah. Setelah diresmikan kegiatan GSSB pagi ini, wa­likota bersama pejabat pemko secara bergantian setiap ming­gu akan mengunjungi se­tiap masjid untuk me­lak­sanakan salat Subuh ber­jemaah bersama warga kota” ujar Kabag Kesra Devitra.

Peluncuran GSSB diawali dengan kultum yang di­sam­paikan ustaz Darius dari Kantor Kemenag.

Turut hadir dalam ke­sem­patan ini Kadisdik Hasan Basri, Kepala Kantor Ke­menag diwakili Darius, para pemimpin SKPD, Camat, Lurah, Kepala Sekolah, Pe­ngurus Masjid Istiqomah, tokoh masyarakat, pelajar, generasi muda, dan jemaah subuh.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan, guna mewujudkan Kota Pa­yakumbuh yang religius se­suai dengan wisi dan misinya, dilaksanakan berbagai pro­gram kegiatan, di antaranya Hapalan Quran, Pesantren Ramdan, dan saat ini gerakan subuh berjemaah. Tujuannya, kegiatan itu diharapkan mam­pu memberikan motivasi terutama generasi muda, agar selalu mendekatkan diri ke­pada Allah dan tidak men­jauhi masjid.

Riza berharap, setelah GSSB diresmikan, ke de­pannya dengan diawali salat Subuh berjemaah. Apabila hal itu sudah menjadi budaya di setiap masjid dan musala, akan ter­bentuk karakter yang disiplin dengan sen­diri­nya. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 September 2020 - 12:55:40 WIB

    Gerakan Nasional Revolusi Mental untuk Membangun dan Memperbaiki Karakter Bangsa

    Gerakan Nasional Revolusi Mental untuk Membangun dan Memperbaiki Karakter Bangsa HARIANHALUAN.COM - Pada Desember 2016, Presiden Jokowi mengeluarkan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) bertujuan yakni terwu.
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 21:04:46 WIB

    Gerakan 3 Juta Masker di Sumbar Resmi Diluncurkan

    Gerakan 3 Juta Masker di Sumbar Resmi Diluncurkan HARIANHALUAN.COM - Sosialisasi penggunaan masker terus digencarkan pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah sebagai salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi masyarakat selama wabah pandemi Covid-19 masi.
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 18:20:46 WIB

    Tumbuhkan Raso Pareso Melalui Gerakan Pramuka

    Tumbuhkan Raso Pareso Melalui Gerakan Pramuka HARIANHALUAN.COM - Gerakan kepramukaan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan generasi muda, khususnya dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan. .
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 06:48:18 WIB

    Antisipasi Krisis Pangan, Gubernur Minta Giatkan Gerakan Menanam Padi

    Antisipasi Krisis Pangan, Gubernur Minta Giatkan Gerakan Menanam Padi HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatera Barat bersama Bupati Kabupaten Padang Pariaman dan Direktorat Perbenihan menggiatkan menanam padi serentak sebagai salah satu gerakan menanam dan percepatan tanam padi di Kelompok Tani Raw.
  • Senin, 22 Juni 2020 - 19:00:30 WIB

    Covid-19 Belum Berakhir, Ayo Wujudkan Gerakan Patuh Protokol Kesehatan

    Covid-19 Belum Berakhir, Ayo Wujudkan Gerakan Patuh Protokol Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Penularan Virus Corona (Covid-19) belum sepenuhnya berakhir. Meski grafiknya mulai menurun, namun Sumbar belum bisa dipastikan bebas Covid-19. Bahkan sejumlah otoritas terkait, baik Kementerian Kesehatan ma.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]