Mahasiswa KKN-PPM UNES Bangun Jamban


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:41:56 WIB

AGAM, HALUAN — Mahasiswa Universitas Ekasakti (UNES) Padang yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Ma­sya­rakat (KKN-PPM) di Lubuk Basung bakal membangun jamban atau WC pada ruma penduduk kurang mampu di Jorong Anak Aia Dadok, Nagari Manggopoh.

Pembangunan WC tersebut di­rencanakan dilakukan pada lebih kurang 10 KK kurang di wilayah tersebut. Diharapkan WC tersebut nantinya bisa berdampak secara signifikan bagi masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dilatarbelakangi keingi­nan mahasiswa untuk membantu masyarakat dalam kebutuhan MCK.

Ketua KKN-PPM UNES Wilayah Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Andri Padrianto, Rabu (3/8) mengatakan, pembangunan sejumlah WC selain membantu masyarakat juga menjadi program utama selama pelak­sanaan KKN di Kecamatan Lubuk Basung, khususnya di Nagari Mang­gopoh. Mahasiswa menilai keberadaan WC di wilayah tersebut sangat diperlukan.

Ia menjelaskan, pada pelaksanaan teknisnya nanti mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pem­ber­daya­an Masyarakat juga bekerjasama dengan. Koramil 03 Lubuk Basung, Pemerintah Nagari Manggopoh, Jo­rong Anak Aia Dadok dan Puskesmas Manggopoh. Mahaisiwa sangat ber­harap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik

Dikatakan Andri, pembangunan WC pada rumah masyarakat yang kurang mampu tentunya akan semakin menjaga kesehatan penduduk, ke­mu­dian menekan pencemaran lingkungan dan menciptakan pola hidup sehat pada masyarakat. Ini sangat penting, karena sumber penyakit bisa disebabkan lingkungan yang kurang bersih.

“Adanya WC sangat mem­penga­ruhi kebersihan hidup masyarakat. Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan, serta kerja sama antara mahasiswa dengan pemerintah kecamatan, nagari, puskesmas, TNI, jorong, pemuda, serta masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Camat Lubuk Ba­sung, Helton mengucapkan terima­kasih kepada mahasiswa KKN-PPM UNES Padang. Ia menilai kegiatan pembangunan tersebut sangat mem­bantu masyarakat  kurang mampu. Ia sangat mendukung sekali dengan program yang dibentuk mahasiswa KKN PPM tersebut.

Menurut Helton, dengan program ini juga telah terbantunya program pemerintah dan TNI yang dijuluki dengan program sejuta jamban. “Ter­lak­sananya kegiatan tersebut nantinya adalah bagian bakti secara lang­sung mahasiswa KKN-PPM UNES Padang kepada masyarakat,” jelasnya. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]