Gedung Arsip Dibutuhkan


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:42:54 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Se­kretaris Daerah Kabupaten Padang Paria­man, Jonpriadi meminta Kantor Per­pus­takaan dan Arsip untuk me­nganggarkan pembangunan gedung arsip daerah pada pembahasan APBD 2017 mendatang. Gedung tersebut nantinya berfungsi untuk penyim­panan seluruh arsip SKPD agar tertata rapi. Hal tersebut ia sampaikan ketika membuka Workshop Kearsipan di Anai Resort, Kamis (4/8). “Insya Allah, atas izin Bapak Bupati dan DPRD, kita coba anggarkan pembangunan gedung arsip tahun depan,” kata Sekda Jonpriadi.

Kepada peserta workshop, Sekda Jonpriadi meminta ASN untuk me­rubah mindset mengenai pentingnya arsip. Ia menyayangkan masih ada anggapan bahwa arsip adalah urusan sampah, padahal kalau ASN me­nga­baikan arsip maka pemerintah daerah akan kehilangan data yang akurat terhadap penye­leng­garaan roda pe­me­rintahan. “Contohnya, ketika pe­netapan hari jadi Kabupaten Padang Pariaman, kita bongkar kembali arsip puluhan tahun yang lalu dari berbagai daerah bahkan hingga ke luar negeri,” ujar Jebolan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Andalas itu.

Ia juga meminta peserta work­shop agar serius mengikuti materi sehingga bisa me­ngaplikasikan il­munya pada SKPD masing-masing. “Tularkan juga ilmu yang didapat kepada rekan-rekan di kantor,” kata Sekda yang didampingi Kabag Hu­mas Hendra Aswara.

Sementara Kepala Kantor Perpus­takaan dan Arsip Bahari melaporkan bahwa peserta work­shop kearsipan ber­jumlah 70 orang dari masing-masing satu orang SKPD, Kecamatan, Nagari di Ling­kungan Pemerintah Kab. Padang Pa­riaman. Workshop dilaksanakan selama dua hari di Anai Resort, Kayu Tanam. Adapun nara­sumber yaitu Bupati Padang Pa­riaman, Kepala Kantor Per­pustakaan dan Arsip Propinsi Sumbar beserta tim.

Workshop bertujuan untuk me­ru­muskan tata cara pengusulan per­setujuan tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) baik secara konvensional atau online. “Insya Allah, adanya workshop akan menambah pengetahuan dan wawasan dalam ke­arsipan untuk bekerja lebih baik lagi,” kata Mantan Kadis Pendidikan.  (h/bus)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]