Petugas Panwascam Kabupaten Mentawai Dilantik


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:44:02 WIB
Petugas Panwascam  Kabupaten Mentawai Dilantik Tiga Puluh Anggota Panwascam mengambil sumpah di Aula Penginapan ANR KM 0 Tuapejat. (FREDI SYAPUTRA)

Mentawai, Haluan  — Sebanyak tiga puluh orang Pengawas Kecamatan (Pan­wascam) dilantik, untuk pe­ngawasan pada penye­leng­garaan pesta Demokrasi pe­milihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai masa periode 2017 2022, yang akan dise­leng­garakan pada 2017 men­da­tang, Kamis, (4/8) di aula pe­ngi­napan ANR KM 0 Tua­pejat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai Lau­rensius Saroddog dalam sambutannya mengatakan kepada panwascam yang baru saja dilantik harus konsekuen dengan aturan, bekerja dengan professional dan bersikap trans­paran. ”Kita sudah memulai taha­pan Pilkada, sebagai lembaga penyelenggara Panwaslu dan KPU harus melaksanakan tugas sesuai dengan aturan undang-undang pe­nye­leng­garaan pemilu, panwaslu tidak hanya melaporkan kendala di lapangan, tetapi, bisa memecahkan masalah juga dan konsekuen dengan aturan, terangnya

Bupati Kabupaten Ke­pu­lauan Mentawai Yuadas Sa­bag­galet dalam sambutannya me­ngatakan pe­nyeleng­ga­raan pemilihan umum ini meru­pakan amanat Undang-undang yang harus dilak­sanakan de­ngan aman dan damai.

Dia mengatakan pihak pengawas dan pengaman dalam hal ini tugasnya s­e­bagai penengah jika suatu ketika terjadi hal yang tidak di­­inginkan dan menjaga emo­sional untuk meng­hin­dari konflik serta tidak mem­bedakan agama, ras dan bu­daya sehingga pesta de­mo­krasi tersebut bisa ber­jalan dengan aman dan da­mai.

Dia mengatakan hal ini tujuan pengawas dan pe­ngamanan menjadi pe­ne­ngah, artinya meninggalkan emosional, tidak melihat sisi keluarga, agama, ras dan bu­daya untuk menghindari kon­flik yang tidak berguna, tegas Yu­das”. Seperti yang pernah di­sam­paikan oleh Ka­polres se­belumnya, Mentawai Tidak ada asap, tidak ada darah dan tidak ada kaca pecah artinya Men­tawai aman dan damai menghindari perselisihan, sukses, sukses bersama, sakit, sakit bersama,” imbuhnya

Sementara itu Kapolres kabupaten kepulauan Men­tawai AKBP Hasanuddin, S.Ag mengatakan sebagai daerah kepulauan tentu tan­tangan lebih besar diban­ding­kan daerah lain, dimana pada saat pengamana dan pen­dis­tribusian surat suara sebagian besar melalui jalur laut dan itu dilaksanakan dengan penuh perhitungan.

Mari kita bekerja sama menyukseskan pilkada 2017 mendatang, sebagai unsur pengamanan yang terlibat mulai dari unsur TNI, Polri, Kesbanglinmas dan seluruh pihak yang terkait saling ber­koor­dinas dengan baik dan ke­pada panwascam tetap ber­si­kap netral, tidak berpihak pada satu calon, kata Hasanuddin.

Hal senada juga dikatakan Danlanal Posal Simaobuk Tuapejat Kabupaten Ke­pu­lauan Mentawai Mayor Laut Benny Simanjuntak Pan­was­cam yang sudah dilan­tik, tidak ada lagi istilah pro sama salah satu kandidat, kami siap membantu bekerjasama me­ngamankan penyelenggaraan pilkada yang aman dan jujur. “Dukungan itu juga dinya­takan oleh pihak Kodim 0319 Kabupaten Kepulauan melalui Kasdim Mayor Purwadi Ang­gota Kodim sendiri akan mendukung penyelenggaraan pilkada 2017 dalam hal ini mengamankan. Diharapkan kepada pihak pengawas saling berkoordinasi ketika terjadi kendala dilapangan dan diselesaikan secara bersama,” katanya. (h/mg-red)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]