Kesadaran Masyarakat Masih Kurang


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:46:56 WIB

PADANG, HALUAN — Kesadaran ma­syarakat Kota Padang akan kebersihan, ternyata masih jauh dari harapan. Pasal­nya, di beberapa titik di Kota Padang masih ditemukan sampah menumpuk hingga ber­serakan. Bahkan sampah ditumpuk di luar kontainer sampah yang sudah di­sediakan. 

Pantauan Haluan, Kamis (4/8) dise­panjang bandar bekali Lubuk Begalung (Lubeg) atau di belakang Kampus UPI, sampah menjadi per­soalan urgent di area tersebut. Masyarakat yang lewat sengaja membuang sampah dengan cara me­lempar begitu saja tanpa meng­hiraukan ada kontainer sampah di lokasi itu.

Kemudian, pantauan berlanjut ke kawasan Pondok, tepatnya di Muara Pantai Padang. Di sana, terdapat beberapa kon­tainer sampah yang dirasa mencukupi tampungan sampah. Namun, yang terlihat sampah malah menumpuk di sebe­lah kontainer. Ada kontainer sampah yang sudah penuh dan ada kon­tainer yang masih kosong.

Salah seorang warga Indarung, Rahma (28), mengaku sangat ter­ganggu dengan aroma sampah jika melewati kawasan Muara Pantai Pa­dang. Padahal, area tersebut tersedia tempat santai dengan pemandangan yang menarik. ”Tempatnya bagus untuk santai. Namun jika berada di sini harus menutup hidung, karena sampah tersebut menimbulkan bau busuk,” te­rangnya. 

Kabid Kebersihan, Deni Har­zan­dy mengatakan, bahwa DKP dalam me­ngangkut sampah sudah sesuai pada jadwal yang telah ditentukan. Jika masih terdapat sampah yang bertumpuk di samping kontainer, hal tersebut merupakan kurangnya kesadaran dari masyarakat sekitar.

“Petugas kita selalu mengangkut sam­pah pada area dan jadwal yang telah ditetapkan. Bahkan kita sudah tambah personil dan jadwal pe­ngangkutan sampah di beberapa titik yang dirasa perlu. Yang di­butuhkan saat ini adalah kesadaran warga untuk ikut menjaga ke­bersihan dan membuang sampah di tempat yang telah disediakan,” katanya. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 13:43:03 WIB

    PSBB Diperpanjang, DPRD Padang Minta Kesadaran Warga

    PSBB Diperpanjang, DPRD Padang Minta Kesadaran Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang minta Pemko Padang, memaksimalkan penegakkan peraturan melaksanakan perpanjangan masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kali ini. .
  • Rabu, 14 Desember 2016 - 01:29:11 WIB
    PENULIS MUDA PEROLEH PENGHARGAAN

    Kesadaran Membaca Masih Rendah

    Kesadaran Membaca Masih Rendah PADANG, HALUAN — Sebanyak 20 orang penulis yang telah menyerahkan karyanya untuk diterbitkan di Perpustakaan Daerah Sumatra Barat (Sumbar), meraih penghargaan dari Pem­prov) Sumbar melalui Badan Perpustakaan dan Kearsipan.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 04:25:49 WIB
    SAMPAH MELUBER KE BADAN JALAN

    Kesadaran Warga Masih Kurang

    Kesadaran Warga Masih Kurang PADANG, HALUAN — Ke­sadaran ma­syarakat Kota Pa­dang akan kebersihan, ternyata masih jauh dari harapan. Pa­sal­nya, di beberapa titik di Kota Padang masih ditemukan sampah menumpuk di luar kontainer, bahkan sampai melu.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 04:19:10 WIB
    Sampah Menumpuk di ATB

    Kesadaran Warga Diharapkan

    Kesadaran Warga Diharapkan Padang, HALUAN — Warga Air Tawar Barat (ATB) sangat mengharapkan per­hatian terhadap tumpukan sampah yang ada pada Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS)..
  • Senin, 23 Mei 2016 - 05:56:02 WIB
    Belum Ikut BPJS Ketenagakerjaan

    Kesadaran Pekerja Informal Rendah

    Kesadaran Pekerja Informal Rendah PADANG, HALUAN — Kesadaran pekerja sektor non formal di daerah ini untuk melindungi dirinya dari kecelakaan kerja, masih rendah. Termasuk perusahaan ka­tegori UMKM, juga tak ba­nyak yang mengikutsertakan karyawannya seba.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]